Analisis Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa pada Kelas VIII.1 SMP Muhammadiyah 6 Padang

Suci Ratna Sari, Sefna Rismen, Ramadoni Ramadoni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kepercayaan diri siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Muhammadiyah 6 Padang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket dan wawancara. Adapun analisis data pemahaman konsep matematis ditinjau dari kepercayaan diri siswa dianalisis berdasarkan indikator pemahaman konsep.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu siswa yang memiliki kepercayaan diri sangat baik dengan pemahaman konsep tinggi, sedang dan rendah secara umum berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 2 orang siswa. Siswa yang memiliki kepercayaan diri baik dengan pemahaman konsep tinggi, sedang dan rendah secara umum berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 7 orang siswa. Siswa yang memiliki kepercayaan diri cukup dengan pemahaman konsep tinggi, sedang dan rendah secara umum berada pada kategori yang sama yaitu sebanyak 1 orang siswa.


Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 27 Batam.

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectually repetition dan problem based learning. Jurnal pendidikan Matematika Sriwijaya, 11(1), 67-68.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka CIPTA.

Istikomah, D. A & Jana, P. (2018). Kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa melalui pendekatan pembelajaran saintifik dalam perkuliahan aljabar matrik. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 4(01), 927-932.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 33.

Maleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nabila, Huwaina, and Dwi Sulistiyaningsih. 2020. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Miccrosoft Teams Kelas XI SMA Negeri9 Semarangâ€. Edusainstech, prosiding seminar, FMIPA UNIKUS 2020.

Rusliah, N, R., & Islami, A. (2020). Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding SI MaNis (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islam).

Setyowati, D. & Widana, I. W. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa melalui pendekatan saintifik dalam perkulihan aljabar matrik. Jurnal Emasains, V. No. I, 66-72

Solichin. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Lab School palu pada Materi Hukum Newton, 201.

Sukmadinata & Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan REMAJA ROSDAKARYA.

Tohirin. (2013). Metode penelitian kualitatif dalam pendidikan dan bimbingan konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wahyuni, T. (2019). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT Fajar Interpratama Mandiri




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.