Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Google Classroom Di Tingkat Sekolah Menengah Atas

Iskandar Iskandar

Abstract


The effect of the Problem Based Learning (PBL) learning model on student learning outcomes by using Google Classroom at the high school level. This study aims to determine the extent to which the effect of the Problem Based Learning (PBL) learning model on student learning outcomes by using Google Classroom at the high school level. The population in this study were 155 students in class XI IPA at SMA Negeri 2 Peusangan in the even semester of the 2021/2022 academic year. In this study, the samples taken were XI IPA 1 totaling 30 students using purposive sampling, namely selecting samples based on certain considerations. Data were analyzed using SPSS 16.0. The research results obtained tcount = 31.140. ttable obtained with df 29, sig 0.05 (1 tailed) = 1.699, because Fcount > Ftable (31.140 > 1.699) and significance <0.05 (0.000 <0.05) thus in the calculation of the hypothesis this shows that there is a difference significant difference between learning outcomes using google classroom with even semester report card scores. So it can be concluded that there is an influence of the problem-based learning model on student learning outcomes using Google Classroom at the high school level.

Full Text:

PDF

References


Amrullah, Arfan. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Fungi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Arikunto, S. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Desriyanti, Restu dan Lazulva. 2016. Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Duch. 1995. Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Sejarah Indonesia.

Gautamma, I. W. 2016. Pengaruh penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan berpikir spasial peserta didik: Penelitian quasi eksperimen pada pembelajaran geografi, pokok bahasan barang tambang Indonesia, kelas XII IPS 3 SMAN 22. Jurnal Pendidikan.

Glazer. 2001. Problem Based Instruction. In M. Orey (ED), Emerging Perspective on learning, teching, and technology.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. 2017. Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348.

Hadi, A. 2012. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Negeri Di Kota Malang. Malang: FMIPA, Universitas Negeri Malang.

Hamalik Omar. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayatul, A. 2017. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir spasial pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen. Jurnal geografi.

Iftakhar, S. 2016. Google Classroom: What Works And How? Journal of Education and Sosial Sciences, Volume 3. hlm12-18.

Koestiningsih, Noer. 2011. Perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan strategi problem based learning (PBL) dan konvensional siswa kelas X di SMKN 1 Blitar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nugroho, Agung. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Eksperimen Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar.

Nurfalah, E. 2019. Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46-55.

Putri, Adisti Fitria Anggraheni dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) disertai Eksperimen Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015.

Rozak, Abd, dan Azkia Muharom Albantani. 2018. Desain perkuliahan bahasa Arab melalui google classroom. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. 5 (1): 85.

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sumarmi. 2016. Pengaruh pembelajaran geografi berbasis masalah dengan Blended Learning terhadap kemampuan berfikir kritis. Jurnal Pendidikan, 597-602.

Sutrisna, S. 2018. Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69-78.

Suyanto, 2008. Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jakarta: Pustaka Pelajar

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivis. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Wahidmurni. 2008. Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (Skripsi, Tesisi, dan Disertasi). Malang: UM Press, 2008.

Wibowo, Cahyo. 2013. Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Praktik Busur Listrik. Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.