Analisis Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 23 Padang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 23 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 23 Padang dengan jumlah 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan wawancara. Analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dideskripsikan berdasarkan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan analisis wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berada pada kriteria tinggi sebanyak 1 siswa, kriteria sedang 22 siswa, dan kriteria rendah 6 siswa. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa berada dalam kriteria sedang tingkat kemampuan pemahaman konsepnya. Persentase indikator menyatakan ulang sebuah konsep 78,1%, mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya 44,7%, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika 33,33%, mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah 50,5%.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. (2017). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharmi. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta : Rineka Cipta.
Depdiknas. (2014). Permendikbud No. 146 Tahun 2014. Jakarta. Depdiknas.
Desriyanto, D., Yunita, A., & Muslim, A. P.(2021, February). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX9 SMP Negeri 12 Padang. In Integritasi Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika Kreatif di Era Kenormalan Baru.
Herwandi. (2017). Analisis Pemahaman Konsep dalam Menyelesaikan Soal Geometri Dimensi Tiga pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Khairunnisa. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII/1 di SMP Negeri 1 Paya Bakongi. Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe.
Kholidah, I. R., & Sujadi, A. A. (2018). Analisis Pemahaman Konsep, Inna Dan Sujadi. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(3), 428–431.
Nurafni, N., Miatun, A., & Khusna, H. (2018). Profil Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Field Independent Dan Field. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 175–192. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol3no2.2018pp175-192
Putra, E. A. (2015a). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76.
Putra, E. A. (2015b). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76. http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/viewFile/6065/4707
Rinaldi, S. F., & Mujianto, B. (2017). Metologi Penelitian dan Statistik. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
Rojak, A. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Perbandingan Siswa SMP. 1–100.
Shadiq, Fajar,. (2009). Kemahiran Matematika. Makalah disampaikan pada Diklat Instuktur Pengembang Matematika SMA Jenjang Lanjut
S. Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Zaerani, dkk. (2017). Pengaruh Penguasaan Konsep Teorema Pythagoras Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas Viii Mts Negeri Balang-Balang. MaPan, 5(2), 279–292. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a9
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4343
Refbacks
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.