Pengaruh Pendekatan Model Realistic Mathematic Education Terhadap Hasil Belajar Siswa

Marsiani Niska Laia, Dewi Risalah, Sandie Sandie

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequvalent Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematic education atau RME terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Koperasi Pontianak dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas control. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar pretest posttest. Dari hasil penelitian didapat hasil posttest siswa pada kelas eksperimen adalah 80,69 sedangkan pada kelas control adalah 70,40. Hasil ini menunjukan bahwa siswa kelas eksperimen dengan pembelajaran model RME memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelas control. Dari hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung 4,7346 > ttabel 2,0002 hasil ini membuat H0 ditolak dan Ha diterima. Dari perhitungan tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan model RME terhadap hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


R. A. Ariesta, “PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 RENGAT BARAT,†UNIVERSITAS ISLAM RIAU PEKANBARU, 2019. [Online]. Available: http://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/view/50%0Ahttp://ejurnal.stkip-pb.ac.id/index.php/jurnal/article/download/50/41

F. Haqina, M. Turmuzi, and H. H. Saputra, “Pengaruh Model P embelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 6 Cakranegara Tahun 2020/2021,†J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 95–101, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i1.453.

F. Hasan, S. W. D. Pomalato, and H. B. Uno, “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar,†Jambura J. Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 13–20, 2020, doi: 10.34312/jmathedu.v1i1.4547.

T. A. Rosyada, Y. Sari, and A. P. Cahyaningtyas, “Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V,†J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 6, no. 2, p. 116, 2019, doi: 10.30659/pendas.6.2.116-23.

W. E. Putri, D. Darto, and D. Rahmi, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Keaktifan Belajar Siswa SMP,†JURING (Journal Res. Math. Learn., vol. 2, no. 4, p. 357, 2019, doi: 10.24014/juring.v2i4.8788.

N. Alani, R. Rahman, R. Nurhasanah, D. Kurniasih, R. Herdiyanti, and Damanik, “MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION,†J. Bale Aksara, vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020.

W. Oktalia, “Pengaruh Model Pembelajaran Rme (Realistic Mathematic Educatian) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Pada Pembelajaran Matematika (Perkalian) Sd Negeri 76 Kota Bengkulu,†p. 112, 2019, [Online]. Available: repository.iainbengkulu.ac.id

D. Wahyuningsari, Y. Mujiwati, L. Hilmiyah, F. Kusumawardani, and intan permata Sari, “Jurnal jendela pendidikan,†Jendelaedukasi.Id, vol. 01, no. 02, pp. 48–60, 2021.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.