Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tadris Matematika

Ressy Rustanuarsi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh resiliensi matematis terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi pada penelitian ini sebanyak 28 mahasiswa semester 3 pada program studi Tadris Matematika IAIN Pontianak yang mengambil mata kuliah geometri analitik. Sampel penelitian mencakup seluruh populasi karena penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket resiliensi matematis dan studi dokumentasi prestasi belajar geometri analitik. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi statistik deskriptif dan statistik inferensial. Statistik inferensial menggunakan regresi linier sederhana dan dilanjutkan dengan menghitung koefisien determinasi (r2). Uji prasyarat yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan resiliensi matematis terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik. Besar sumbangan resiliensi matematis terhadap prestasi belajar geometri analitik adalah sebesar 18,6%.


Full Text:

PDF

References


Arends, D., and Kilcher, A. 2010. Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. Oxon: Routledge.

Maamin, M., Maat, S. M., and Iksan, Z. H. 2021. Analysis of the factors that influence mathematics achievement in the ASEAN countries. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(1), pp.371–388. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i1.5535

Mohd, N., Mahmood, T., and Ismail, M. N. 2011. Factors that influence students in mathematics achievement. International Journal of Academic Research, 3(3), pp.49–54.

Hunt, T. E., and Maloney, E. A. 2022. Appraisals of previous math experiences play an important role in math anxiety. Annals of the New York Academy of Sciences, 1515(1), pp.143–154. https://doi.org/10.1111/nyas.14805

Hutauruk, A. J. B., and Naibaho, T. 2020. Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 01(02), pp.78–91. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227

Johnston-Wilder, S and Lee, C. 2010. Developing mathematical resilience. BERA Annual Conference 2010. University of Warwick.

Binti Ishak, N. H. F., Yusoff, N. F. B. M., and Madihie, A. 2020. Resilience in Mathematics, Academic Resilience, or Mathematical Resilience?: An Overview. Universal Journal of Educational Research, 8(5A), pp.34–39. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081905

Fatimah, A. E., and Purba, A. 2021. Hubungan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), pp.151–157. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.470

Sari, R. A., and Untarti, R. 2021. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), pp.30–39. https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.2577

’Athiyah, F., Umah, U., &Syafrudin, T. 2020. Pengaruh Mathematical Resilience TerhadapKemampuanPemecahan Masalah MatematisSiswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), pp.223-234. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5286

Al Ghifari, S. S., Juandi, D., and Usdiyana, D. 2022. Systematic Literature Review: Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), pp.2025–2039. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1271

Agtarap, R., and Miranda, A. T. 2022. The Mediating Effect of Students’ Resiliency on the Relationship of Self-Concept and Mathematics Performance. Asian Journal of Education and Social Studies, 36(2), pp.1–10. https://doi.org/10.9734/ajess/2022/v36i2772




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i1.4403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.