Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siborongborong Tahun Ajaran 2021/2022

Sariayu Sibarani

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui kemudahan  dan  kendala serta hasil belajar dan keefektifan belajar siswa pada pembelajaran online matematika siswa  kelas VIII SMP Negeri 1 Siborongborong. Jenis  penelitian  ini  adalah  deskriptif  kualitatif,  yang  mengambil  lokasi di SMP  Negeri  1 Siborongborong. Berdasarkan  penelitian  yang  dilakukan  melalui  wawancara  bahwa  pembelajaran  online  merupakan  pembelajaran  tanpa  tatap  muka  secara langsung  antara  guru  dan  siswa  dengan  mengakses  jaringan  internet  dan menggunakan media sosial untuk saling bertukar informasi dan interaksi   dengan menggunakan  aplikasi  whatsApps. Berdasarkan hasil belajar dan keefektifan belajar siswa dilihat dari tes hasil belajar siswa menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Siborongborong sebesar 37,5%.  Berdasarkan hasil tersebut ketuntasan belajar mencapai kriteria kurang baik, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran online pada masa pandemi covid-19 dengan menggunakan aplikasi WhatsApps dalam pembelajaran matematika tidak efektif.


Full Text:

PDF

References


Supomo. (2020). Pembelajaran Online Dinilai Kurang Efektif. Surabaya

Afnibar, Fajhriani. (2020). Pemanfaatan WhatsApp sebagai Media Komunikasi antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar

Anwar & Riadi. (2007). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp.

Arnesi Novita Dan Hamid K Abdul. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika, Dalam Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan

Jumiatmoko. (2016). WhatsApp Messenger Dalam Tinjuan Manfaat .Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial

Bilfaqih & Qqmarudin. (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish

Anne Anastasi.(1978). Defenisi Evaluasi. Pschological Testing

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v7i2.4430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.