Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) Di SMA Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2020/2021

Sariayu Sibarani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar melalui pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) di SMA Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 SiborongborongTahun Pembelajaran 2020/2021. Sampel dalam penenlitian ini adalah kelas XI-1 sebanyak 20 siswa tipe Numbered Head Together dan kelas XI-2 sebanyak 20 siswa tipe Think Pair Share. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Sebelumnya tes kemampuan pemecahan masalah ini telah diuji coba dikelas XI SMA N 2 Siborongborong untuk mengetahui validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Temuan penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran Numbered Head Together lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Think Pair Share.

Full Text:

PDF

References


Amalia Poppy, 2017. Perbedaan Hasil Belajar Statistika Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Tipe TPS. Jurnal Matematika Kreatif. Semarang: Universitas Negeri Medan.

Anna, Fauziah, 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Strategi REACT, Forum Kependidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang.

Ardat dan Jaya Indra, 2013. Penerapan Statistik Untuk Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media Perintis

Arikunto Suharsimi, 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Bineka Cipta.

Asrul, dkk 2015. Evaluasi Pembelajaran , Bandung: Citapustaka Media

Enzim, 2017. Metodologi Pennelitian Pendidikan Kualitatif Dan Kuantitatif, Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Hayati Sri, 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning, Magelang: Graha Cendekia.

Hazizaah Nurul, dkk 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunkan Model Pembelajaran PBL dan TPS. Jurnal Peluang. Vol. 1, No.4.

Huda Miftahul, 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Priansyah Juni, 2016. Pengembangans Strategi dan Model Pembelajaran, Inovatif, kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik, Bandung:CV Pustaka Setia.

Salim, 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: Citapustaka Media

Sudjana. 2005, Metoda Statistika, Bandung : Tarsito

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,Progresif dan Kontekstual, Jakarta: Putra Grafika

Zulaiha Rahmah, 2008. Analisis Soal Secara Manual, Jakarta: Puspendik.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.4512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.