Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pytagoras Menggunakan Pembelajaran STAD Kelas VIII UPTD SMPN 2 Sungai Kanan
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi pythagoras menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD Siswa kelas VIII UPTD SMPN 2 Sungai Kanan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 23 orang, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar materi pythagoras Siswa Kelas VIII UPTD. SMPN 2 Sungai Kanan. pada siklus 1 untuk materi pythagoras dengan model pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD diperoleh nilai rata–rata siklus 1 sebesar 67 dengan ketuntasan 52% dengan nilai tertinggi adalah 100 terdapat 1 orang dan nilai terendah adalah 45 terdapat 2 orang. Pada siklus 2 hasil penelitian menunjukkan diperoleh nilai rata-rata siklus II sebesar 80,4 dengan nilai ketuntasan mencapai 91% nilai tertinggi adalah 100 terdapat 4 orang dan nilai terendah adalah 50 terdapat 2 orang. Dengan demikian penelitian meningkatkan hasil belajar materi Pytagoras di kelas VIII SMP Negeri 2 Sungai Kanan dinyatakan Tuntas dengan 2 siklus.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i1.4527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.