Pengaruh Penggunaan Metode Belajar Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara pada materi relasi dan fungsi dengan mengunakan metode belajar daring. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII Negeri 1 Muara yang berjumlah 224 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII -1 yang berjumlah 32 orang dan kelas VIII-2 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes yaitu pretes dan postes sebanyak 5 soal essay tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linear dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penggunaan metode belajar daring ber pengaruh negative terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini terlihat dari nilai ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘” = -4,827 dan ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™= 1,693 sehingga ð‘¡â„Žð‘–ð‘¡ð‘¢ð‘›ð‘”< ð‘¡ð‘¡ð‘Žð‘ð‘’ð‘™. Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti bahwa penggunaan metode belajar daring berpengaruh negatif terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 1 Muara.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v6i2.4529
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.