Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis

Diah Ayu, Adelia Septia Damanik, Siti Asiah Rangkuti, Rina Sari, Nur Rahmi Rizqi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran pokok bahasan Aljabar berorientasi problem Based Learning berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)  yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangannya mengikuti 10 langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangan, yaitu: (1) Pengumpulan Informasi (Research and information collecting), (2) Perencanaan (Planning), (3) Pengembangan desain/draf produk awal (Develop preliminary form of product), (4) Uji coba lapangan awal (Preliminary field testing), (5) Revisi hasil uji coba lapangan awal (Main productrevision), (6) Uji lapangan (Main field testing), (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan (Operasional product revision), (8) Uji lapanganoperasional (Operasional field testing), (9) Penyempurnaanprodukakhir (Final productrevision), (10) Diseminasi dan implementasi (Dissemination and implementation).  Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah siswa x-2 SMA Nusantara Lubuk Pakam. Produk yang dihasilkan telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Karakteristik dari perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah LKPD dominan memuat persoalan yangberhubungan dengan praktik, menuntun siswa dalam melakukan penyelidikan dalamrangka menemukan dan membangun konsep, prinsif, maupun formula, saranapelaksanaan ekslporasi, elaborasi, dan konfirmasi dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Jaya, A., Hermansyah, H., & Rosmiyati, E. (2019). The implementation of project-based learning in increasing speaking achievement and self-confidence. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal, 1(1), 4-14.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem based learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399-408.

Arif, M., & Hayudiyani, M. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas x tkj ditinjau dari kemampuan awal dan jenis kelamin siswa di smkn 1 kamal. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 4(1), 20-27..

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 110-119.

Relia, L. (2016, February). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika dengan model pembelajaran kreatif, inovatif, dan produktif (KIP). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 97-103).

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika berbasis model realistic mathematics education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59-67.

Umbaryati, U. (2016, February). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. In PRISMA, prosiding seminar nasional matematika (pp. 217-225).

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis hubungan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361-370.

Anjarwati, Y. (2016). Peningkatan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran geometri dengan pendekatan pendidikan matematika realistik di kelas IV SDN 1 Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2(1), 98-104..

Hanifah, A. N., Mirna, M., Mulianty, H. R., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dengan Habits of Mind Siswa SMK Yang Menggunakan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 29-36.

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107-116.

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis alternative solutions worksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225-233.

Hasruddin, H. (2009). Memaksimalkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Tabularasa, 6(1), 48-60.

Armis, A., & Suhermi, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning untuk siswa kelas VII semester 1 SMP/MTs materi bilangan dan himpunan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 25-42.

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Edisi, 2(3), 435-448.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.