Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RMA) Pada Materi Aritmatika Sosial

Agusti Rahmi, Anna Cesaria, Ainil Mardiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di kelas VII SMPN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban yang valid dan praktis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kualitas bahan ajar  di SMPN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban belum mampu membuat peserta didik menjadi aktif dan belajar mandiri dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Permasalahan tersebut akan diatasi dengan mengembangkan sebuah bahan ajar seperti Lembar Kerja Peserta Didik dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu menjadikan peserta didik menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang diharapkan peserta didik yaitu bahan ajar yang membuat peserta didik aktif dalam proses pembelajaran dan mampu membimbing peserta didik untuk belajar mandiri. Prosedur pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (dissemination). Penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan, dikarenakan hanya mengembangkan produk yang valid. Tahap pendefinisian terdiri atas analisis awal, analisis peserta didik, analisis buku paket, analisis silabus kelas VII. Tahap perancangan terdiri atas merancang Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Realistic Mathematics Education pada materi aritmatika sosial, selanjutnya merancang instrument penelitian. Tahap pengembangan terdiri atas tahap validasi dan tahap wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu angket validitas dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data bahwa Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan rata-rata 85,32%. Kesimpulan penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education yang valid pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMPN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.