Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Matematika PISA Pada Kelas VIII MTsN 2 Medan

Rosmita Sari Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa saat menyelesaikan soal matematika PISA dikelas VIII MTSN2 Medan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan mixed method. Subyek penelitian ini adalah kemampuan membaca matematika siswa kelas VIII MTSN 2 Medan yang diukur dengan soal PISA standar, dan kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas matematika PISA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berbentuk soal PISA yang diberikan kepada siswa. Jumlah siswa-siswi yang menjadi subjek penelitian adalah 24 orang.Tes yang diberikan berupa soal-soal PISA. Soal-soal yang diberikan berjumlah 6 nomor sesuai dengan tingkatan level soal nya dan dikerjakan selama 90 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal matematika PISA MTs kelas VIII MTSN 2 Medan secara umum rendah karena rata-rata siswa masih belum memiliki kemampuan matematika secara baik, mencapai level 3 tanpa terlalu banyak kesulitan dan mendapatkan skor 90%, 75,33% dan 90,54% untuk setiap level. Ketika sampai pada soal kecakapan matematika ditingkat 4, 5 dan 6, siswa masih menghadapi hambatan yang berbeda untuk menyelesaikan soal-soal tersebut. Nilai yang sesuai adalah 67,39%, 8,48% dan 5,15%


Full Text:

PDF

References


Masjaya dan Wardono, "Pentingnya kemampuan literasi matematika untuk ," PRISMA, vol. 1, pp. 568-574, 2018.

D. Y., Wardono, & Prasetyo, A. P. B. Madyaratri, "Kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran problem based learning dengan tinjauan gaya belajar," Prosiding Seminar Nasional Matematika, vol. 2, no. 648-658, 2019.

1Mahdiansyah, "Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan ," Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 1, p. 2, 2014.

N. T Anwar, "Peran kemampuan literasi matematis pada pembelajaran matematika ," PRISMA, vol. 1, p. 264=270, 2018.

M. M., Darmawijoyo, & Aisyah, N. Simalango, "Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA tahun 2012 level 4, 5, dan 6 di SMP N 1 INDRALAYA," Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 2, pp. 43-58, 2018.

N Mansur, "Melatih literasi matematika siswa dengan soal PISA," in Prosiding Seminar Nasional Matematika, Semarang, 2018, pp. 140-444.

OECD, "Draft PISA 2012 Assessment Framework," 2010.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.