Analisis Problematika Guru Dalam Pembelajaran Matematika Pada Tematik Terpadu

Leli Purnama

Abstract


Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran dengan konsep integrasi pengetahuan, keterampilan dan nilai sebagi hasil dari penggabungan beberapa pelajaran, materi, atau bidang studi dalam satu topik pembahasan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan guru dalam pembelajaran tematik terpadu di salah satu Sekolah Dasar di Asahan, Sumatra Utara, Indonesia. Adapun partisipan penelitian ini adalah 10 orang guru SD yang mengajar pada kelas I-VI SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitan yang digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data adalah kuesioner dan wawancara.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru-guru kelas menghadapi berbagai kesulitan dalam pembelajaran tematik terpadu, yakni pada tahap persiapan pembelajaran, proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran tematik terpadu. Melalui penelitian ini, disarankan agar guru-guru, Dinas Pendidikan setempat dan pemerintah dapat mengadakan pelatihan-pelatihan seputar pembelajaran tematik guna meminimalisir masalah-masalah yang dihadapi guru dalam pembelajaran tematik terpadu.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.