Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 VII Koto Sungai Sarik

Yumi Saputri Afma, Melisa Melisa, Lucky Heriyanti Jufri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada materi Teorema Pythagoras berdasarkan  Tahapan Kastolan pada siswa kelas VIII.1 SMPN 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, sampel yang dianalisis sebanyak 26 orang siswa kelas VIII.1. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes. Hasil tes dianalisis berdasarkan indikator yang ada pada jenis kesalahan Tahapan Kastolan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan analisis kesalahan Tahapan Kastolan terdiri dari 3 jenis kesalahan, yaitu jenis kesalahan konseptual, jenis kesalahan prosedural dan jenis kesalahan teknik. Pada jenis kesalahan konseptual siswa paling banyak melakukan kesalahan pada indikator (a) Siswa tidak dapat memilih rumus matematika yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal dengan benar yaitu sebesar 40% dengan kategori cukup tinggi, pada jenis kesalahan prosedural siswa paling banyak melakukan kesalahan pada indikator (a) Siswa tidak bisa menuliskan langkah penyelesaian soal sesuai perintah soal yaitu sebesar 23% dengan kategori rendah, dan pada jenis kesalahan teknik siswa paling banyak melakukan kesalahan pada indikator (b) Siswa melakukan kesalahan dalam memindahkan angka atau operasi hitung dari langkah satu ke langkah berikutnya yaitu sebesar 28% dengan kategori cukup tinggi.


Full Text:

PDF

References


Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332

Yeni, M., Melisa, & Delyana, H. (2021). Analysis Of Students Mathematic Problem Solving Ability In Linear Program Materials. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4, 15–23.

Thamsir, T., Silalahi, D. W., & Soesanto, R. H. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Non-Rutin Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Dengan Penerapan Metode Peer Tutoring [Efforts in Improving Mathematical Problem-Solving Skills of Non-Routine Problems of One-Vari. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 96. https://doi.org/10.19166/johme.v3i1.927

Wahyuni, N. T., Aima, Z., & Fitri, D. Y. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 65–74.

Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.

Putri, S. A., & Musdi, E. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X SMK Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Kastolan. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 169. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.9871

Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76. http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/viewFile/6065/4707

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Mrthods). Alfabeta.

Kurniasari, Y., Sugandi, A. I., & Sariningsih, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Kuadrat berdasarkan Prosedur Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1561–1568. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1561-1568

Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 107. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.