Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 VII Koto Sungai Sarik

Fifi Mutia, Mulya Suryani, Yulia Haryono

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitianControl-group posttest only, teknik pengambilan sampel penelitian ini secara random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang siswa dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes akhir berbentuk soal esai. Teknik analisis data dalam penenlitian ini menggunakan rubrik analitik skala 0-4. Teknik analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari uji hipotesis untuk  dk = 52 diperoleh sedangkan  karena dapat dikatakan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 3 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman yang menggunakan model pembelajaran konvensional lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran TPS.


Full Text:

PDF

References


Aprida Pane, M. D. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Segitiga. Juring, 2(2), 179–189.

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, I(1), 34–44. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26594/Jmpm.V1i1.508

Ferinaldi, A. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Co-Op Co-Op Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual , Audio , Kinestetik Siswa Kelas Viii Smpn 43 Merangin The Influence Of Co-Op Co-Op Learning Medel To Concept Understanding With Visual , Audio , Kinesthet. Edumatica, 08(April), 23–35.

Imelda. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Smp Negeri 4 Binjai. Majalah Ilmiah Politeknik Mandiri Bina Prestasi, 5(2), 297–302. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Rzfae

Kiki Kesuma Rahayu, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Serunai Matematika, 11(2), 84–91. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37755/Jsm.V11i2.173

Kurniasi Eka Rachma, I. J. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Tinggi, Sedang, Rendah. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7.

Revaldi Afryanza, Yuni Wulandari, T. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 09(01), 34–38. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Edumatica.V9i1.6328




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.