Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa Kelas VII SMPN 1 Nan Sabaris

Dwi Ningsih, Dewi Yuliana Fitri, Anna Cesaria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self confidence siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa yaitu kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII 1 SMPN 1 Nan Sabaris dengan jumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah, angkat self confidence dan wawancara. Dideskripsikan berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah, angket self confidence dan wawancara. Kemampuan pemecahan masalah tinggi dengan self confidence tinggi 8,33%, kemampuan pemecahan masalah tinggi self confidence 20,8% dan kemmapuan pemecahan masalah tinggi self confidence rendah adalah 4,16%. Untuk kemampuan pemecahan masalah sedang dengan self confidence tinggi 4,16%, kemampuan pemecahan masalah sedang slef confidence sedang 20,8%,dan unruk kemampuan pemecahan masalah sedang self confidence rendah 0%. Kemampuan pemecahan masalah rendah dengan self confidence tinggi 8,33%, kemampuan pemecahan masalah rendah self confidence sedang 25%, dan untuk kemampuan pemecahan masalah rendah slef confidence rendah alahag 8,33%.


Full Text:

PDF

References


Deni, A. U., Ifdil. (2016). Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Educatio, 2, 43–52.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Psikopedagogia, 5(1), 33–42.

Ripai, I., Sutarna, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Learing. Jurnal Cakrawala Pendas.

Sapitri, Y., & Utami, C. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. 2(1), 16–23.

Sholihat, A., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Kelas XII Pada Materi Statistika. 8(2), 76–90.

Susanty, A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis berdasarkan nctm siswa sma kelas x ipa pada materi eksponen dan logaritma. Jurnal Pendidikan Tambusi, 2, 870–876.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.