Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas

Setri Nova, Radhya Yusri, Hamdunah Hamdunah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika peserta didik masih rendah dan motivasi belajar matematika peserta didik masih kurang pada peserta didik kelas XI SMAN 2 Batang Anai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model Project Based Learning  lebih baik dibandingkan sebelum menerapkan model Project Based Learning pada peserta didik kelas XI/F2 SMAN 2 Batang Anai dan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik setelah menerapkan model Project Based Learning lebih baik dibandingkan sebelum menerapkan model Project Based Learning pada peserta didik Kelas XI/F2 SMAN 2 Batang Anai. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan the one-group pretest-postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI/F2. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini purposive sampling, yang dipilih sebagai kelas sampel adalah kelas XI/F2. Instrumen penelitian adalah  pre-test dan post-test serta angket untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik. Analisis data hasil belajar dan motivasi belajar yang digunakan adalah uji-t berpasangan. Berdasarkan analisis data hasil belajar diperoleh hitung  dan motivasi belajar diperoleh hitung  pada  tabel=1,708 pada taraf nyata α = 0,05. Karena hitungtabel maka tolak H0 artinya hasil belajar peserta didik sesudah menerapkan model Project Based Learning (PjBL) lebih baik dibandingkan sebelum menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dan motivasi belajar peserta didik sesudah menerapkan model Project Based Learning (PjBL) lebih baik dibandingkan sebelum menerapkan model Project Based Learning (PjBL) pada peserta didik kelas XI/F2 SMAN 2 Batang Anai.

Kata kunci: Hasil belajar, Motivasi belajar, Project Based Learning (PjBL)

Full Text:

PDF

References


Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Yusri, R. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret ditinjau dari kemampuan pemehaman konsep matematika. LEMMA, VI(2).

Hariani, Kiki. 2023. Penerapan Model PjBL Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri Purba Sakti Lampung Utara. Nucl. Phys.13 (1).

Laia,dkk. 2023. Pengaruh Pendekatan Model Realistic Matematika Education Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal pembelajaran dan matematika sigma.

Islamiani safitri, dkk. 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma.

Julyanti, dkk. 2021. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma.

Raiyan, dkk. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah MAN 3 Bireuen. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms).

Nurussofa, dkk. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Development of Learning Media for the Snakes and Ladders Game To Increase Motivation in Learning Mathematics for Elementary School Students.

Darmandi et al. 2021. Inovasi Pembelajaran Matematika Abad 21. Jawa Timur: CV. AE Media Grafika.

Hamidah,et al. 2019. Modul Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berorientasi HOTS. jakarta selatan: Seamoe Qitep in Laguage

Nadiyah, dkk. 2023. Pengaruh project based learning terhadap kemampuan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Kurnia, adik titin. 2020. Eksperimentasi Model Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Teorema Pythagoras Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar.

Aisyah,. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Proyek Based Learning) Pada Materi Sistem Koordinasi Terhadap Hasil Belajar Kelas XI IPA Pondok Pesantren Darul. Quran.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.4980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.