Efektifitas Penggunaan Media Flash Card Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas lll

Dita Ananda, Wulan Sutriyani

Abstract


Pada penelitian ini memiliki tujuan dapat mengetahui efektifitas penggunaan media flash card berbasis audio visual terhadap hasil belajar matematika kelas lll di SD Negeri 2 Suksono. Penelitian menggunakan desain one test pretest dan posttest sebagai bagian dari metodologi pre eksperimen kuantitatif. Penelitian kelas III ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Sukosono. Pengujian prasyarat, pengujian hipotesis, dan pengujian instrumen data secara mendalam merupakan beberapa metode yang digunakan dalam analisis data. Pretest dan posttest adalah penggunaan instrumen sebagai pengumpulan data. Menurut hasil penelitian, terdapat variasi hasil belajar  sebelum dan sesudah penggunaan media audio visual flash card. Nilai rata-rata berubah dari 77,93 menjadi 91,21. Maka t-hitung>t-tabel atau 5,567>2,051 merupakan hasil nilai sig (2-tailed) (0,000) (0,05), nilai thitung = 5,567, dan nilai t tabel = 2,05. Bahwa penggunaan media flash card berbasis audio visual efektif meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas lll SD Negeri 2 Sukosono dan adanya peningkatan nilai sesudah penggunaan media flash card berbasis audio visual.


Full Text:

PDF

References


Daimmah, U. S., & Suparni. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, Vol. 4 No. 2, 131-139. doi:https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1

Suhadri, Marzuki, & Negara, H. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), Vol. 3 No. 1, 93-104. doi:10.37058/jarme.v3i1.2440

Riyanti, A. G. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Flashcard. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Diambil kembali dari https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/download/13480/13027

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran (1 ed.). (S. S. Sirate, Penyunt.) Jakarta: Prenadamedia Group.

Hatip, A., & Seiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5 No. 2, 87-97. doi:http://dx.doi.org/10.33087/phi.v5i2.141

Fahma, M. A., & Purwaningrum, J. P. (2021). Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika. MUST:Journal of Mathematics Education, Science and Technology, Vol. 6 No. 1, 31-42. doi:http://doi.org/10.30651/must.v6i1.6966

Mansyur, U. (2018). Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. doi:10.31227/osf.io/fyr8g

Amodilasti, A., & Suparno. (2018). Effectiveness of Flashcard in Improving Cognitive Ability of 5-6 Year Old Students. Advance in Social Science, Education and Humanities Research, 249. doi:https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.16

Rejeki, H. I., & Dkk. (2018). Improving The Quality of Science Learning Through Mind Mapping Model with Flashcard. International Conference on Science and Education and Technology, 247. doi:https://doi.org/https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.47

Pradana , P. H., & Gerhani , F. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Journal of Education and Instruction, Vol. 2 No. 1. doi:https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.587

Damayanti, R., Hawa, S., & Hasmalena. (2018). Pemahaman Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran Matematika Keliling Luas Persegi dan Persegi Panjang Melalui Penggunaan Alat Peraga Konkret di SD Negeri 2 Palembang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, Vol. 5 No. 2, 125-131. Diambil kembali dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/download/8267/4302

Munthe, A. P. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flash Card Pada Pelajaran Membaca Permulaan. JDP, 11(3), 210-228. doi:https://doi.org/10.51212/jdp.v11i3.892

Safitri, R. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1). doi:http://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332

Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methode). Alfabeta.

Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topolohi Jaringan dengan Media Pembelajaran . Ahli Media Press.

Nugraha, S. A., & Dkk. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276. doi:https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.74

Sutriyani, Wulan, Putri, A. V. E., Keminah. Peran Media Interaktif Pada Materi Matematika SD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 36. https://doi.org/10.54367/cartesius.v6i1

Rosida, N., & Ritongga, R. (2023). The Attemps To Improve Beginning Reading Skills Using Audio Visual Flashcard Media At Primary School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 606-614.

doi:https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1490




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v9i2.5021

Refbacks



https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.