Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Materi Trigonometri Menggunakan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing

Indah Wahyuni, Umi Yuliatin, Anis Nurisma, Nurul Hasanah, M. Agus Mas’ud Maulana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman pada siswa SMA disalah satu sekolah swasta di mangli, tepatnya di SMA Islam Al-Hidayah, dengan subjek 20 peserta didik, 6 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Siswa mengalami kesulitan pada materi trigonometri karena kurangnya pemahaman konsep dasar dalam materi trigonometri. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa melalui model pembelajaran inquiri terbimbing. Pembelajaran model inquiri terbimbing adalah pembelajaran yang dalam proses pemecahan suatu masalah atau soal guru berperan penting dalam mengarahkan atau membimbing siswa sampai menemukan jawaban yang tepat. Langkah-langkah dalam model pembelajaran inkuiri terdiri dari orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Berdasarkan hasil latihan soal yang diberikan peneliti memperoleh 35% dari jumlah siswa yang mampu mengaplikasikan ke dalam rumus dan kurang teliti dalam proses pengerjaan, namun kurang tepat dalam pengaplikasian ke bentuk gambar, 30% dari jumlah siswa yang mampu dalam mengaplikasikan soal cerita ke dalam rumus trigonometri dan teliti dalam proses pengerjaannya, namun kurang tepat dalam pengaplikasian pada gambar, 35% dari jumlah siswa yang benar dalam semua kategori dan menghasilkan jawaban yang benar baik secara rumus ataupun secara gambar.Kata kunci: Trigonometri, Model inkuiri terbimbing  

Full Text:

PDF

References


. N., . S. and Saat, S. (2018) ‘Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inquiri Dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqhi Peserta Didik Kelas Xi Di Madrasah Aliyah Guppi Samata Kabupaten Gowa’, Inspiratif Pendidikan, 7(2), p. 272. Available at: https://doi.org/10.24252/ip.v7i2.7908.

Crystallography, X.D. (2016) ‘済無No Title No Title No Title’, pp. 1–23.

Nila, K. (2008) ‘Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika’, Prosiding SeminarNasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, pp. 229–235.

Spss, M. (1880) ‘Modul I’, pp. 1–11.

Suendarti, M. and Liberna, H. (2021) ‘Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada [6] Siswa SMA’, JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), p. 326. Available at: https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.