Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Bilah Barat Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Dahniar Dahniar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan mengetahui peningkatan hasil  belajar siswa saat menerapkan model pembelajaran problem based learning pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII-1 SMPN 4 Bilah Barat T.P 2020/2021. Data-data aktivitas belajar dan tes hasil belajar siswa, terhadap model pembelajaran Problem based learning selama kegiatan belajar mengajar tersusun, kemudian dianalisis, sehingga dapat disimpulkan sesuai dengan rumusan masalah. Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem based learning di kelas VIII-1 SMP Negeri 4 Bilah Barat. Data aktivitas siswa menurut kedua pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain: menulis/membaca (44,5%), bekerja (25,0%), bertanya sesama teman (14,5%), bertanya kepada guru (10,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (5,5%). Dan Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada Siklus II antara lain: menulis/membaca (24,0%), bekerja (50,5%), bertanya sesama teman (14,0%), bertanya kepada guru (9,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM (2,0%). Dengan meningkatnya aktivitas siswa mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem based learning pada Formatif I menunjukkan 27 orang siswa tuntas secara individu, sedangkan 9 orang tidak tuntas. Pada Siklus II, tuntas secara individu sebanyak 32 orang siswa, sedangkan 4 orang tidak tuntas dengan rata-rata siklus I dan siklus II adalah 80,56 dan 90,30 dan persentase ketuntasan klasikal adalah 75% pada siklus I dan 89% pada siklus II.

Full Text:

PDF

References


Suherman, Erman. 2003. Strategi Belajar dan Mengajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dahar, R.W, (1989), Teori-Teori Belajar, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Dasna, I.W., dan Sutrisno, (2005), Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Artikel Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang, Malang.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W. 2005. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana, M. A. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Aqib, Z. 2006 . Penelitian tindakan kelas untuk guru. Bandung: Yrama widya

Sulatra, I.M. 2004. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBI) dalam Pembelajaran Matematika (sebagai Alternatif Model Pembelajaran), Journal Pendidikan Guru SMPN 3 Pardasuka Tanggamus.

Trianto. 2010. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Penerbit Kencana.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v8i1.5261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.