Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Efikasi Diri Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tahunan

Khanifa Lailatul Faiza, Erna Zumrotun, Wulan Sutriyani

Abstract


Keterampilan dasar berhitung menjadi sorotan utama dalam dunia pendidikan saat ini. Keahlian berhitung merupakan landasan penting bagi murid dalam menyelesaikan persoalan matematika, yang juga dievaluasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Tujuan penelitian ini adalah menilai kemampuan berhitung dengan mempertimbangkan kepercayaan diri siswa kelas V di SD N 2 Tahunan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menganalisis dokumen. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan tes esai sebagai instrumen penelitian. Partisipan penelitian terdiri dari 21 siswa kelas V, mewakili tiga tingkatan kepercayaan diri yang berbeda: rendah, sedang, dan tinggi, dengan 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kepercayaan diri tinggi mencapai 78,57%, yang termasuk dalam kategori yang memadai. Saat menghadapi soal matematika aljabar dalam bentuk esai, rata-rata aktivitas siswa mendapatkan skor 74,11%, masuk dalam kategori cukup (65%-74%). Pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam pertanyaan kedua menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan persentase 98,66%, masuk dalam kategori sangat baik (85-100%). Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan diri siswa, semakin baik pula kemampuan berhitung yang mereka miliki.


Full Text:

PDF

References


Aryana, S., Subyantoro, S. and Pristiwati, R., 2022. TUNTUTAN KOMPETENSI GURU PROFESIONAL BAHASA INDONESIA DALAM MENGHADAPI ABAD 21. Semantik, 11(1), pp.71–86. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p71-86.

Azizah, N., 2023. ANALISIS KETERAMPILAN LITERASI NUMERASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N 1 WULUNG. Universitas Islam Sultan Agung.

Hulawa, D.E., 2021. LITERASI ABAD 21 DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KOMPETENSI DAN KUALITAS KARAKTER PESERTA DIDIK . UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Khakima, L.N., Azzahra, S.F., Marlina, L. and Abdullah, Z., 2021. Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/Sd. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, [online] pp.775–792. Available at: .

Lisma, E., Rahmadhani, R. and Siregar, M.A.P., 2019. Pengaruh Kecemasan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam), 2(2), pp.85–91. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1345.

Masri, F.A., Arman, Rasiah, Martisa, E., Rahmawati, Safitri, N.H. and Rane, Z.A., 2023. WORKSHOP ENAM LITERASI DASAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA FIB UHO. Jurnal Inovasi Sosial: Desiminasi Program Pengabdian Berbasis Masalah Sosial, [online] 1(2), pp.45–57. Available at: .

Maulina, D., Widyastuti, Maulina, H. and Mayasari, S., 2022. KAJIAN FAKTOR INTRINSIK DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), pp.1–8. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i1.201.

Nurrohmah, S. and Mardiyana, I.I., 2023. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V UPTD SDN Tanjungbumi 3. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, [online] 1(4), pp.225–233. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2379.

Patriana, W.D., Sutama, S. and Wulandari, M.D., 2021. Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), pp.3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302.

Rohim, D.C., 2021. Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), pp.54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993.

Rukajat, A., 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Pertama ed. Yogajakarta: Deepublish.

Saimroh, Muzayanah, U. and Maranu, B., 2021. EVALUASI PEMBANGUNAN PENDIDIKAN AGAMA DAN KEAGAMAAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF RENSTRA KEMENTERIAN AGAMA TAHUN 2020-2024. Pertama ed. Jakarta Pusat: LITBANGDIKLAT PRESS.

Salsabilah, A.P. and Kurniasih, M.D., 2022. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Efikasi Diri pada Peserta Didik SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), pp.138–149.

Siregar, E., 2020. IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MEMBENTUK PROFESIONALITAS GURU DI MAN 2 MODEL MEDAN. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN.

Supriyati, Y. and Muqorrobin, 2021. Mixed Model Cipp Dan Kickpatrick Sebagai Pendekatan Evaluasi Program Pengembangan Kompetensi Guru Berbasis Kebutuhan Peningkatan Kemampuan Asessement Literasi-Numerasi (Cilapp Model Dalam Evaluasi Program). Jurnal Ilmiah Mandala Education, [online] 7(1), pp.203–220. Available at: .

Susanto, R., 2021. Pemetaan kompetensi pedagogik dalam keterkaitan dimensi pengetahuan pedagogik dan profil karakteristik awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), pp.164–171. https://doi.org/10.29210/020211167.

Tamardiyah, N.D., 2017. Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Manajemen Pendidikan, 12(1), pp.26–37. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972.

Tasrif and Syafullah, 2022. LITERASI SEBAGAI PRAKTIK BUDAYA DI KALANGAN PELAJAR DAN MAHASISWA. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5(1), pp.58–70.

Yunitasari, R. and Hanifah, U., 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(3), pp.232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.