Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)

Shella Irmeliani Dalimunthe, Ely Syafitri, Syahlan Syahlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 6 Kisaran dalam pembelajaran Matematika, khususnya pada materi Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai, dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, melibatkan 32 siswa dan mengumpulkan data melalui observasi serta wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa model Team Games Tournament (TGT) berhasil meningkatkan keaktifan siswa yang diukur melalui 10 indikator keaktifan. Selain itu, tingkat antusiasme siswa meningkat, dan mereka merasa lebih menyukai proses pembelajaran. Penerapan model Team Games Tournament (TGT) berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang segar, kondusif, dan mendorong partisipasi aktif siswa. Kesimpulannya, model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi Matematika Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai di UPTD SMP Negeri 6 Kisaran.


Full Text:

PDF

References


Alhadi, S., Kurniawan, S. J., & Wahyudi, A. (2020). Pengembangan Skala Kebersyukuran: Antara Peluang dan Tantangan. In Seminar Nasional Daring IIBKIN 2020 (pp. 13-18).

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

KBBI. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur & Wikandari , Nur,M.& Wikandari, P.R . Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: PSMS Program Pascasarjana Unesa.

Rahmi Yuliana M., Hartini, dan Zul Muhammad Hajj (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Peserta Didik. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Volume 11 No.1

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ARRUZZ MEDIA

Slavin (2010) Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sutirman. (2013). Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.