Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai

Syahidatul Nadila Lubis, Ely Syafitri, Syahlan Syahlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP dengan pendekatan Discovery Learning  pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Penelitian ini menggunakan metode deskriprif kualitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-2 SMPN 6 Kisaran sebanyak 32 siswa, kemudian dilakukan reduksi dengan mengambil tiga siswa yang mempunyai kemampuan penalaran tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan penalaran matematis siswa dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa ketiga subjek mempunyai pemahaman yang cukup baik dengan menggunakan pendekatan Discovery Learningdalam pembelajaran. Siswa dalam kategori kemampuan penalaran tinggi mampu menguasai lima indikator kemampuan penalaran matematis. Siswa dalam kategori kemampuan penalaran sedang mampu menguasai empat indikator kemampuan penalaran matematis. Siswa dalam kategori kemampuan penalaran rendah mampu menguasai dua indikator kemampuan penalaran matematis.


Full Text:

PDF

References


R. Siregar and S. N. Lubis, “Analisis kemampuan penalaran matematis siswa dengan pendekatan realistic mathematics education pada materi barisan dan deret,” Journal of Didactic Mathematics, vol. 3, no. 2, pp. 51–60, Sep. 2022, doi: 10.34007/jdm.v3i2.1459.

A. Nurul, “ Hubungan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,” Jurnal Of Science and Social Research, vol. 2, no. 1, pp. 34–37, 2019.

Kemendikbud, “Permendikbud Nomor 58 Tahun 2016 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs ,” Jakarta: Kemendikbud , 2016.

NCTM, Principles and standards for school mathematics . Reston: VA: National Councilof Teachers of Mathematics., 2000.

S. Aminah, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning,” GENTA MULIA, vol. 1, pp. 6–12, 2020.

I. Indirwan, W. Suarni, and D. Priyatmo, “Pentingnya Self-Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika,” Jurnal Sublimapsi, vol. 2, no. 1, pp. 61–70, 2021.

K. , Matondang, H. Hasratuddin, and D. Armanto, “Pengembangan Model Pembelajaran RME Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa,” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 229–241, 2020.

A. Manalu and D. Armanto, “Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk MeningkatkanKemampuan Penalaran Matematis Siswa,” Adijaya Jurnal Multidisiplin, vol. 1, no. 1, pp. 139–145, 2023.

M. Fadli, “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMPN 8 Padang,” Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, vol. 8, no. 3, pp. 77–82, 2019.

N. K. Mendrofa and R. N. Mendrofa, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP,” Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, vol. 10, no. 2, pp. 535–537, 2022.

R. F. Sary, D. Juandi, and A. Jupri, “Model Pembelajaran Discovery Learning dan Kemampuan Penalaran Matematis,” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 2, p. 1028, Jun. 2022, doi: 10.24127/ajpm.v11i2.4765.

S. Rokhayah, K. , Khamdun, and H. Ulya, “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar ,” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, vol. 5, no. 2, pp. 1–6, 2020.

M. Susanti, L. S. Zanthy, and F. Nelly, “Deskripsi Kesalahan Siswa Memecahkan Soal Berbentuk Cerita pada Materi Segiempat ,” Teorema, vol. 5, no. 1, pp. 77–88, 2020.

D. Mubianti, M. Fera, and N. R. S. Asma, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP,” Jurnal Didactical Mathematics , vol. 5, no. 2, pp. 550–563, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm

K. N. Op.sunggu, C. S. Ayal, and N. C. Huwaa, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Aljabar Kelas VII SMP,” Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, vol. 4, no. 1, pp. 47–54, Mar. 2023, doi: 10.30598/jpmunpatti.v4.i1.p47-54.

N. Wirawan, Y. Yuhana, and A. Fatah, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Bentuk Literasi Numerasi AKM pada Konten Bilangan Ditinjau dari Disposisi Matematis,” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 3, pp. 2715–2728, Aug. 2023, doi: 10.31004/cendekia.v7i3.2623.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.