Peramalan Hasil Panen Kelapa Sawit di PTPN IV Unit Berangir dengan Metode Dekomposisi (Ilmu Matematika)

Agun Setiawan, Rina Filia Sari, Rima Aprilia

Abstract


Kelapa sawit adalah salah satu barang pokok dari subsektor perkebunan yang telah menarik minat signifikan dari pemerintah, investor dan petani. Dalam proses meramalkan hasil produksi kelapa sawiperusahaan sering kali mengalami kendala dalam proses menghitung hasil produksi tahunannya diantaranya kondisi Sumber daya manusia yang kurang baik, kondisi cuaca yang buruk, serta waktu kerja yang terbatas sehingga hal tersebut mempengaruhi dalam proses memprediksi hasil produksi. Salah satu dari beberapa metode yang dapat digunakan untuk melakukan prediksi adalah metode yang ada dalam ilmu matematika yaitu metode dekomposisi (pemecahan). Tujuan penelitian yaitu meramalkan hasil panen kelapa sawit dengan metode dekomposisi agar hasil prediksi lebih efektif dan waktu lebih efisien. Metode Dekomposisi adalah membagi atau memecah data deret waktu menjadi banyak pola dan mengidentifikasi masing-masing secara independen. Elemen-elemen ini bersifat musiman, siklus, dan berbasis tren. Komponen lainnya, di sisi lain, adalah komponen kesalahan yang bergerak secara acak dan tanpa pola sistematis.Model dekomposisi yang paling baik adalah model dekomposisi Multiplikatif, Hasil keakuratan model terbaik menggunakan Mean Absolute percentage Error (MAPE) sebesar 7.6016 dengan hasil peramalan 119,038.29 ton untuk Model Multiplikatif dan nilai MAPE 7.7829 dengan hasil peramalan 119,596.37ton untuk model aditif, sehingga selisih jarak peramalan antara model Aditif dan Multiplikatif sekitar 1.1813 dalam nilai MAPE atau sekitar 558 ton hasil peramalan hasil panennya. hal ini menunjukkan bahwa model Multiplikatif ini lebih digunakan dari pada model Aditif dalam memprediksi hasil panen kelapa sawit di PTPN IV Unit Berangir pada tahun 2023.

Full Text:

PDF

References


Cipta H. 2020. Model Peramalan Volume Pengunjung Taman Rekreasi The Lau Garden Menggunakan Metode Dekomposisi Trend Moment. JIStech:UINSU. 5(1) Hal 1-14.

Handayani P.I.N.Fatayat. 2020. prediksi jumlah pengunjung perpustakaan universitas riau menggunakan metode dekomposisi .Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Kampus Bina Widya Pekanbaru. Repository university of Riau. Hal 1-10.

Harfa, Ashabul Kahfi. 2015. Analisis Forecasting Produksi Luas Panen Dan Produktifitas Kedelai Di Sulawesi Selatan. Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.

Khoirun N. 2020. Analisis Peramalan Produksi Pakaian Pada Usaha Fadli Tailor Di Desa Buddagan Pamekasan. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ekonomi Dan Bisinis Islam. Institute Agama Islam Negeri: Madura.

K. Laung dan P. Thanarak. 2021. "Forecasting of Biodiesel Prices in Thailand using Time Series Decomposition Method for Long Term from 2017 to 2036," Internasional Journal of Energy Economics and Policy, vol. 11, no. 4, pp. 593-600.

Lina P,S. 2022. Analisis Prediksi Harga Saham PT Unilever Indonesia (Tbk) Menggunakan Metode Dekomposisi. Skripsi: Universitas islam negeri syarif hidayatullah. Hal 1-66.

Makridakis, Wheelright dan McGee, Forecasting Methods and Application, New York: John Wiley&Sons, 1992.

Mursidah, Yunina, Nurhasanah, Desma Yuni. 2021. Perbandingan Metode Exponential Smoothing dan Metode Decomposition Untuk Meramalkan Persediaan Beras (Studi Kasus Divre Bulog Lhokseumawe ) Jurnal visioner dan sgtrategis. Vol 10(1). Hal 1-10.

Nainel yane, Efori Buulolo, Ikwan Lubis. 2020. “Penerapan Data Mining Untuk Estimasi Penjualan Obat Berdasarkan Pengaruh Brand Image Dengan Algoritma Expectation Maximization (Studi Kasus: PT. Pyridam Farma Tbk)” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), Vol. 7 No. 2, Hal 214-224.

Rosita, Tita dan D.E. Rachmawati. 2019.. Peramalan Nilai Ekspor Indonesia Dengan Menggunakan Metode Dekomposisi (Studi Kasus: Nilai Data Ekspor Indonesia Tahun 2010-2018). Prodi Analisis Kimia: Politeknik AKA Bogor. 43 (2). Hal 1-59.

Sartono Kartodirdjo dan Djoko Suryo.1991. Sejarah Perkebunan di Indonesia: Kajian Sosial Ekonomi, (Yogyakarta: Aditya Media), Hal 1-4.

Shafik,M.& fatayat. 2018. Peramalan hasil panen kelapa sawit pada pt inti indosawit subur menggunakan metode dekomposisi.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Kampus Bina Widya Pekanbaru. Repository university of Riau. Hal 1-12.

United States Department of Agriculture (USDA). 2016. Indeks mundi, agricultural statistic. Washington D.C.: USDA.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.