Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Pada Materi SPLDV Berbantuan Geogebra

Hilaria Yesieka Ayu Wulandari, Tatag Yuli Eko Siswono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan SPLDV berbantuan Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dengan tujuan untuk mampu memahami secara intensif serta memahami hal yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif secara lebih mendalam. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang siswa kelas VIII SMP dengan kemampuan awal SPLDV tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan awal SPLDV, tes kemampuan berpikir kreatif dengan Geogebra, serta pedoman wawancara. Soal tes berpikir kreatif terdiri dari 4 poin soal untuk mengukur indikator fluency, flexibility, dan novelty yang diselesaikan dalam waktu 45 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi tergolong dalam kategori sangat kreatif (TKBK 4) karena mampu memenuhi indikator fluency, flexibility, dan novelty. Siswa dengan kategori tinggi cenderung mampu memberikan berbagai alternatif jawaban serta mampu menggunakan berbagai strategi baru yang logis dalam menyelesaikan masalah. Siswa dengan kemampuan sedang tergolong dalam kategori kreatif (TKBK 3) karena mampu memenuhi indikator fluency dan novelty. Siswa dengan kategori sedang mampu untuk memberikan berbagai alternatif jawaban walaupun belum seluruhnya tepat dan mampu menunjukkan alternatif lain yang sebelumnya belum pernah digunakan. Sementara, siswa dengan kemampuan rendah tergolong dalam kategori kurang kreatif (TKBK 1) karena hanya mampu memenuhi indikator fluency. Siswa dengan kategori rendah ini mampu menunjukkan berbagai alternatif jawaban dengan tepat walaupun belum mampu menunjukkan penggunaan strategi yang beragam dalam menyelesaikan masalah.


Full Text:

PDF

References


T. M. Asriningsih, A. Rahmawati, and D. Lailah, “Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Kecerdasan Logis Matematis Sedang dalam Pemecahan Masalah Geometri,” J. Ilm. Soulmath J. Edukasi Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 79–90, Nov. 2018, doi: 10.25139/smj.v6i2.985.

I. Faturohman and E. A. Afriansyah, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, pp. 107–118, Feb. 2020, doi: 10.31980/mosharafa.v9i1.562.

E. Yayuk, P. Purwanto, A. Rahman, and S. Subanji, “Primary School Students’ Creative Thinking Skills in Mathematics Problem Solving,” Eur. J. Educ. Res., vol. 9, no. 3, pp. 1281–1295, Jul. 2020, doi: 10.12973/eu-jer.9.3.1281.

T. Y. E. Siswono, “LEVELING STUDENTS’ CREATIVE THINKING IN SOLVING AND POSING MATHEMATICAL PROBLEM,” J. Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 17–40, Jul. 2010, doi: 10.22342/jme.1.1.794.17-40.

P. P. Sari and D. A. Lestari, “ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL,” J. Pendidik. Mat., vol. 04, no. 01, 2020.

OECD, PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. in PISA. OECD, 2023. doi: 10.1787/53f23881-en.

Z. H. Maharani, “Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Pembelajaran Abad 2,” vol. 5, no. 2, 2023.

A. Yusuf and N. Fitriani, “ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMPN 1 CAMPAKA MULYA-CIANJUR”.

I. A. Kadir, T. Machmud, K. Usman, and N. Katili, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga,” Jambura J. Math. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 128–138, Sep. 2022, doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.16388.

I. Mawaddah and I. Isrok, “PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA SEKOLAH DASAR”.

M. A. Fathoni and T. Y. E. Siswono, “Proses Berpikir Kreatif Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Fungsi Kuadrat,” vol. 12, no. 3, 2023.

S. Monisa and D. Fitriawan, “KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP PEMECAHAN MASALAH”.

U. I. Anisa, E. Suanto, P. Yuanita, and M. Maimunah, “Analisis Kesalahan Siswa pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal SPLDV,” J. Paedagogy, vol. 10, no. 1, p. 250, Jan. 2023, doi: 10.33394/jp.v10i1.6496.

A. O. Samura, “KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH,” vol. 5, no. 1, 2019.

Y. Selvy, M. Ikhsan, R. Johar, and Saminan, “Improving students’ mathematical creative thinking and motivation through GeoGebra assisted problem based learning,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1460, no. 1, p. 012004, Feb. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1460/1/012004.

M. U. Syahara and E. P. Astutik, “Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 201–212, May 2021, doi: 10.31980/mosharafa.v10i2.892.

N. Sulfaidah, “KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA KELAS IX SMP,” vol. 2, no. 2, 2022.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.