Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Matematika Siswa MIS Nurul Hidayah Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran make a match terhadap kemampuan matematika siswa kelas IV MIS Nurul Hidayah Medan. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimental. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 50 siswa, yang terdiri dari 25 siswa kelas IV A (diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran make a match) dan 25 siswa kelas IV B (dengan menggunakan pembelajaran konvensional) yang ditentukan dengan teknik total sampling.Teknikpengumpulan data yang digunakan dalam penelitianiniadalah observasi, tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian diperoleh bahwa thitung sebesar 3,027 danttabeldengan taraf signifikansi 5% adalah 2,069artinya terdapat pengaruh model pembelajaran make a matchterhadap kemampuan matematika siswa.
Full Text:
PDFReferences
A. F. A. S. H. &. F. Y. Meirisa, "Analisis Kemampuan Penalaran Numerik Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Mathematical Cognition Di Sekolah Dasar," Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2678-2684, 2021.
A. S. H. A. &. R. A. Manurung, “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, p. 1274–1290, 2020.
T. Hidayat, “Analisis Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pai Di Sekolah,” Murobbi : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 45-69, 2019.
M. &. E. H. Jannah, “Penerapan Model Missouri Mathematic Project (MMP) Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Sikap Positif Siswa Pada Materi Fungsi (Penelitian dilakukan di Kelas XI SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013),” Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, vol. 1, no. 1, pp. 1-6, 2013.
Istarani, Model Pembelajaran Inovatif, Medan: Media Persada, 2017.
L. A. Y. A. W. Pista, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Aspek Perkembangan Motorik dan Bahasa pada Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Dasar, pp. 27-35, 2016.
C. D. K. D. G. Deschuri, “Penerapan Model Kooperatif Teknik Make A Matdengan Media Kartu Klop uMeningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Buatan,” Jurnal Pena Ilmiah, vol. 1, no. 1, pp. 361-370, 2016.
A. d. Debby, “Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan” SD Negeri 7 Langsa,” Journal of Basic Education Studies, vol. 2, no. 1, pp. 57-67, 2019.
M. Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.
A. Kiswanto, “The Effect of Learning Methods And The Ability of Students Think Logically to The Learning Outcomes on Natural Sciences of Grade IV Students,” Advances in Social Science, Education and Humanities Research, vol. 118, no. 1, 2017.
R. d. Santoso, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Tema Harga Diri di SDN Plalangan 02 Jember,” Jurnal PGSD, vol. 6, no. 1, p. 110, 2018.
A. Shoimin, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5644
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.