Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas X Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Diagram Batang di SMA Negeri 1 Panai Tengah

Elvita Zahra, Amin Harahap, Rahmat Syahputra Tanjung

Abstract


Tujuan penulisan best practice ini adalah sebagai salah satu upaya peningkatan motivasi dan minat belajar siswa kelas X melalui model pembelajaranproject based learning pada materi Diagram batang. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Panai Tengah. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang dilakukan secara  kolaboratif.  PTK  Kolaboratif  dilakukan  dengan  bekerjasama  antara  peneliti dengan  Guru  yang  tujuannya  untuk  meningkatkan  minat  belajar  peserta  didik  kelas X  SMA Negeri 1 Panai Tengah. Subjek Penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 kelas X. Hasil yang diperoleh adalah: (1) Menelaah cakupan materi pelajaran agar sesuai dengan kompetensi atau capaian pembelajaran peserta didik dan dapat merancang pembelajaran yang kontekstual, bermakna dan efektif, (2) Mempertahankan serta meningkatkan efektifitas pembelajaran dengan konsisten menerapkan pendekatan, model dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakterstik tujuan pembelajaran dan kemampuan peserta didik, serta pembelajaran yang mengembangkan keterampilan abad 21, (3) Menyajikan pembelajaran yang menyediakan proses serta evaluasi yang mengembangkan kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) atau kategori berfikir analisis (C4), evalusi (C5), dan kreatif (C6), (4) Menyediakan media pembelajaran yang menarik, inovatif, dan interaktif agar dapat mempermudah peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuandan pembelajaran lebih menyenangkan melalui media pembelajaran yang berbasis TPACK. (5) Memperbaiki rencana pelaksanaan pembelajaran atau modul ajar agar secara rinci memperlihatkan keterkaitan model, pendekatan, kompetensi yang akan dicapai peserta didik secara jelas (6) Melakukan penilaian autentik melalui penilaian proses dan hasil belajar, diikuti dengan meningkatkan keterampilan dalam menyusun instrumen baikitu observasi, rubrik, maupun tes dan meningkatkan keterampilan mengobservasi peserta didik. (7) Menjadi pembelajar sepanjang hayat, yang selalu terbuka terhadap pengetahuanbaru dan kemajuan teknologi agar dapat mendampingi kemajuan belajar peserta didik sesuai dengan tuntutan zaman.



DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i1.5762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.