Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas Va MI Ma’arif Bego

Nur Hanifah, Azizatul Alif Syafriza

Abstract


Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan dan menganalisispengaruhpolaasuh orang tuaterhadapprestasibelajarkelas VA MI Ma'arifBego. Denganlatarbelakangkurangnyaperhatian orang tuadalammemberikanpolaasuhterhadapsiswa, kurangnyakomunikasiantara guru kelasdengan orang tuadalammemonitoringsiswa dan kurangnyaperhatian orang tuadalammendampingisiswabelajar. Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatifyaitupenelitianex-post factountukmengetahuihubungansebabakibat. Populasi dan sampelpenelitianyaitupesertadidiksejumlah 30 siswakelas VA di MI MaarifBego. Denganvariabelbebasatauindependenyaitupolaasuh orang tua. Variabelterikatatauvariabeldependenyaituprestasibelajarmatematikaberupanilairaport semester ganjilsiswa. Teknik dan instrumen data dengankuesioner dan dokumentasi. Uji validitasmenggunakankorelasi product moment dan uji reliabilitasmenggunakanCronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas ,dan uji regresisederhana.Hasil penelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhpolaasuh orang tuaterhadapprestasibelajarmatematikasiswakelas V A. Faktor yang mempengaruhidarifaktor internal daridalamdirisiswa dan faktoreksternalyaitudariluarsiswa. Dengannilaisignifikansisebesar 0.000< 0.05 artinyamempengaruhivariabel Y. Nilai t hitung 3,718 > t tabel1,6 dengankonstribusinilai R Squresebesar 33 % bahwavaribelbebaspolaasuh orang tuaberpengaruhterhadapvaribelterikatprestasibelajarmatematika. Diharapkan guru selaluberusahamenyampaikanpembelajarandenganmudah, dan orang tuadapatmeluangkanwaktuuntukmendampingianakbelajar di rumah.


Full Text:

PDF

References


Dacholfany Ihsan M, H.U. (2018) Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: AMZAH : Sinar Grafika Offset.

Setyo Prabowo, D. and Rahmawati, I.R. (2019) ‘Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Botolambat 03 Batang’, Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 8(1), pp. 15–23.

Karomah, Y.S. and Widiyono, A. (2022) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa’, SELING : Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), pp. 54–60. Available at: https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/download/1087/683

Anas, M. (2019) ‘Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII MTsN 2 Maros’, Jurnal Binomial, 2(1), pp. 12–32. Available at: https://ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/183

Safitri, A., Azwar Uswatun, D. and Lyesmaya, D. (2020) ‘Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Pintukisi’, Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), pp. 255–264. Available at: https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.129

Syafriza, A.A. et al. (2023) ‘Analisis Peningkatan Kemampuan Calistung Melalui Bimbingan Belajar’, 15(02), pp. 307–322.

Nasir, A.H.K. and Widiyono, A. (2022) ‘Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar’, Journal on Teacher Education, 3(3), pp. 365–373. Available at: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4825

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Bandung : Alfabeta.

Aslan (2019) ‘Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital’, Jurnal Studia Insania, 7(1), p. 20. Available at: https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Helmawati (2014) Pendidikan Keluarga: Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurmasyithah, S.P.A.O.T.& G.T.K.P.A. (2019) Dampak Pola Asuh Orang Tua & Guru Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif. Yogyakarta: Yogakarta : Ar Ruzz Media.

Millatunikmah (2021) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika Di SDN Mojorayung 03 Wungu Madiun. IAIN Ponorogo.

Andriani, S.E. (2019) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar anak di SDN 2 Kedungasem Kecamtan Sumber Kabupaten Rembang. UIN Walisongo.

Sugiyono (2018) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Bandung : Alfabeta.

Gunawan, C. (2020) Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian. Yogyakarta : Deepublish.

Sebastian, D.R. (2022) ‘Pengaruh Persepsi Siswa Atas Lingkungan dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika’, Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), p. 5057.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.