Pengaruh Antara Gaya Belajar Audio Visual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SD 2 Singocandi

Hesty Nur Fazriani, Anastasia Jevis Elrika, Tahta Alfiana Putri, Lovika Ardhana Riswari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gaya belajar dapat mempengaruhi kemampuan penalaran matematika siswa sekolah dasar. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan angket untuk mengidentifikasi gaya belajar, sementara tes digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas 5 di SDN 2 Singocandi dengan sampel berjumlah 23 siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa adalah 67,40 dengan varians 257,510 dan standar deviasi 16,047. Skor rata-rata angket gaya belajar adalah 60,02 dengan varians 156,621 dan standar deviasi 12,515. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal dengan nilai signifikansi 0,200. Uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa gaya belajar berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana kurang dari nilai signifikansi 0,05 dan nilai R2 sebesar 0,885 yang menunjukkan bahwa gaya belajar berpengaruh sebesar 88,5% terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. .


Full Text:

PDF

References


Ujud, S. et al. (2023) ‘Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMAN 10 Kota Ternate Pada Materi Pencemaran Lingkungan’, Jurnal Bioedukasi, 6(2), pp. 337–347.

Parwati, N. P. and Pramartha, I. N. B. (2021) ‘Strategi Guru Sejarah dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia di Era Society 5.0’, Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), pp. 143–158. doi: 10.5281/zenodo.4661256.

Tampubolon, J., Atiqah, N. and Panjaitan, U. I. (2019) ‘Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat’, Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), pp. 1–10. Available at: https://osf.io/zd8n7/download.

Sagita, D.K., Ermawati, D. and Riswari, L.A. (2023) ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), pp. 431–439. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609.

Wardhani, I. S. (2020) ‘Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis)’, Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, 3(1), pp. 124–129.

Asdarina, O. and Ridha, M. (2020) ‘Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri’, Jurnal Numeracy, 7(2), pp. 192–206.

Nurharyanto, D.W. (2023) ‘Analisis Penalaran Matematis Mahasiswa PGSD Terhadap Penyelesaian Soal Geometri Ruang’, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), pp. 1–6.

Rahmi, M.N. and Samsudi, M.A. (2020) ‘Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), pp. 355–363. Available at: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439.

Wardana, R.W., Riswari, L.A. and Kironoratri, L. (2023) ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Mystery Pics’, WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), pp. 20–24. Available at: https://doi.org/10.24176/wasis.v4i1.9660.

Supit, D. et al. (2023) ‘Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa’, Journal on Education, 5(3), pp. 6994–7003. Available at: https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487.

Hafizha, D., Ananda, R. and Aprinawati, I. (2022) ‘Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di Sdn 020 Ridan Permai’, Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), pp. 25–33. Available at: https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33.

Hidayat, A., Indrawati, N. and Aprisal (2022) ‘Identifikasi Kesalahan Siswa Memahami Konsep Matematika pada Materi Kubus dan Balok’, Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 5(1), pp. 1–8. doi: 10.37478/jupika.v5i1.1711.

Ramdhani, E.S. and Baadilah, I. (2022) ‘Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Google Slide Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Untuk Sekolah Dasar’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), p. 2418. Available at: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5758.

Priadana, S. and Sunarsi, D. (2021) Metode Penelitian Kuantitatif, Pascal Books.

Hildayah, D. (2019) ‘Penggunaan Media Visual, Auditif, dan Kinestik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), pp. 137–146.

Riswari, L. A. and Ermawati, D. (2024) Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Riswari, L.A. and Ermawati, D. (2020) ‘Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika’, Jurnal Pendidikan Dasar.

Syarif, M. and Nugraha, W. (2019) ‘Metode Incremental Dalam Membangun Aplikasi Identifikasi Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jusikom : Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 4(1), pp. 42–49. doi: 10.32767/jusikom.v4i1.441.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

     

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.