Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Dan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Siswa Kelas 3 SDN Pati Kidul 05
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi sekolah dan pojok baca terhadap minat baca siswa kelas III SDN Pati Kidul 05. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Pati Kidul 05. Sampel pada penelitian ini sebanyak 12 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi sederhana untuk menginterpretasikan hasil yang diperoleh dari kuesioner. Hasil penelitian ini yaitu Gerakan literasi sekolah memiliki pengaruh positif terhadap minat baca siswa kelas III SDN Pati Kidul 05. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi yang menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 untuk gerakan literasi sekolah, serta hasil uji regresi yang menunjukkan nilai thitung > ttabel. Sementara itu, pojok baca tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat baca siswa, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai signifikansi > 0,05 dan nilai thitung < ttabel.
Full Text:
PDFReferences
Ana, R. F. R. (2020). The Influence of the School Literacy Movement through the Utilization of Reading Angles on Reading Interest of Elementary School Students. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 9(2), 211–224.https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i2.783
Dalman. (2017). Ketrampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Eryanti, E., Danim, S., Yulistio, D., & Wardhana, D. E. C. (2021). The Influence of the School Literacy Movement, Reading Interest, and Reading Materials on Reading Comprehension Skill of Class XI Students of MAN Bengkulu City Academic Year 2020/2021. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(9), 432. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i9.3002
Fitriani, S., Muliyadi, I., & Ramadayanti, R. (2021). Pengaruh Gerakan LiterasiSekolah Terhadap Peningkatan Literasi Digital Siswa di SMPN 1 Tompobulu Kabupaten Gowa. Literatify : Trends in Library Developments, 2(2), 88–96. https://doi.org/10.24252/literatify.v2i2.24279 6223Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa–Nabila Syafitri, YaminDOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3207Jurnal Basicedu Vol 6 No 4Tahun 2022p-ISSN2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Hamidah, junaedi iwan, K. J. (2021). Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika di Jepang dan di Indonesia. 7, 95–105.
Hasan, S. H. (2019). Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad KE-21. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(2), 61. https://doi.org/10.17509/historia.v2i2.16630
Imanugroho, S., dan Ganggi, R.I.P. (2019). "Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik SDN Kuripan Lor 01 Kota Pekalongan."Jurnal Ilmu Perpustakaan. 7, (2), 71-80, [Online]. Tersedia: Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jip/Article/View/22894. (10 Maret 2021).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Pedoman Gerakan Nasional Literasi Bangsa. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Paduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.
Nasution, A., & Ambiyar, A. (2022). Pengaruh Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Kemampuan Penggunaan Aplikasi Spss Mata Kuliah Statistik. Mimbar Ilmu, 23(3), 231–236.https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16440
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2020). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254
Wandasari, Y. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480
Wulandari, T. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi SekolahTerhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Siswa SMA N 1 Purworejo. In Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia(Vol. 2, Issue 9).https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpbsi.v9i2.42142
Alpian,Y.,Anggraeni,S.W.,Wiharti,U.,&Soleha,N.M.,.(2019).Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1),66–72.https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Setyadi,Y.D.,Wulandari,D.,Lestari,L.D.,Meliasari,W.O.,Sari,I.N. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai “Agent Of Change dan Social Control.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1542–1547. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8592
F. Amaliyah, Y. L. Sukestiyarno, and M. Asikin, “Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Self Directed Learning Berbantuan Modul pada Wacana Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” Pros. Semin. Nas. Pascasarj. UNNES, vol. 2, no. 1, pp. 626–632, 2019.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5956
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.