Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD 2 Pringtulis Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD dalam meningkatkan pemecahan masalah matematika pada materi bilangan cacah. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar siswa (62,5%) pada kategori sangat baik menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam memecahkan masalah matematika; (2) siswa pada kategori baik (25%) cenderung kurang teliti dalam menyelesaikan masalah, menarik kesimpulan tanpa mengevaluasi kembali hasil yang mereka peroleh pada tahap memeriksa kembali, sehingga membutuhkan lebih banyak latihan; dan (3) siswa pada kategori kurang (12,5%) menunjukkan kesulitan dalam mengoneksikan konsep-konsep matematika dan tidak dapat memenuhi indikator penilaian kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah sesuai dengan yang telah direncanakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Pringtulis memiliki kategori kemampuan berpikir kritis yang baik dalam memecahkan masalah matematika pada materi bilangan bulat.
Full Text:
PDFReferences
S. Wilujeng and E. Sudihartinih, (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. JPMI Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, vol. 6, no. 2, pp. 53–63. doi: 10.26737/jpmi.v6i2.2415.
N. I. N. Sakinah, A. A. Sari, N. P. G. R. Septiana, T. Herman, and A. Hasanah, (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII pada Salah Satu SMP Negeri di Bandung. Eksponen, vol. 14, no. 1, pp. 1–11. doi: 10.47637/eksponen.v14i1.975.
D. S. Setiana and R. Y. Purwoko, (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 2, pp. 163–177. doi: 10.21831/jrpm.v7i2.34290.
Y. Agustin and K. N. S. Effendi, (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Spldv. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, vol. 6, no. 2, pp. 121–132. doi: 10.36526/tr.v6i2.2222.
Gavrila Tamariska, Z. F. Rahman, Restika Farhany, Aan Hasanah, and Tatang Herman, (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP di Bandung. Eksponen, vol. 14, no. 1, pp. 21–29. doi: 10.47637/eksponen.v14i1.1034.
F. Hidayat, P. Akbar, and M. Bernard, (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa SMP Terhadap Materi SPLDV. Jurnal on Education, vol. 1, no. 2, pp. 515–523.
N. Kania and N. Ratnawulan, (2022). Kompetensi Matematika: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menurut Polya. Jurnal of Research in Science and Mathematics, vol. 1, no. 1, pp. 17–26. doi: 10.56855/jrsme.v1i1.10.
A. Ekawati, W. Agustina, and F. Noor, (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, vol. 14, no. 2, pp. 1–7. doi: 10.33654/jpl.v14i2.881.
R. S. Konoras, F. E. Chandra, and A. Afandi, (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 1, p. 57. doi: 10.33387/dpi.v11i1.4307.
L. A. Riswari and D. Ermawati, (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar.
A. L. Khurriyati, D. Ermawati, and L. A. Riswari, (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas III melalui Media PACAPI (Papan Pecahan Pizza). JIIP - Jurnal Ilmu lmu Pendidikan, vol. 5, no. 4, pp. 1028–1034. doi: 10.54371/jiip.v4i5.497.
L. A. Riswari, L. I. Mukti, L. F. Tamara, M. Ayu, P. Hapsari, and D. Y. Cahyaningrum, (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Pecahan Siswa Kelas Iii Sdn 2 Karangrejo,” Jurnal Ilmu Matematika Realistik (JI-MR, vol. 4, no. 2, pp. 188–194.
D. K. Sagita, D. Ermawati, and L. A. Riswari, (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education. FKIP UNMA, vol. 9, no. 2, pp. 431–439. doi: 10.31949/educatio.v9i2.4609.
S. R. Amalia, F. Fakhriyah, and S. D. Ardianti, (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kotak Kehidupan Pada Tema 6 Cita-Citaku. WASIS: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 7–13. doi: 10.24176/wasis.v1i1.4513.
H. Saputra, (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpust. IAI Agus Salim Metro Lampung, vol. 2, no. April, pp. 1–7.
A. K. Kenedi, S. Hendri, H. B. Ladiva, and Nelliarti, (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. J. Numeracy, vol. 5, no. 2, pp. 226–235.
T. Kurnia, H. Pujiastuti, and M. Fathurrohman, (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Pendekatan Metakognitif: Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmu Ilmu Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 616–622. doi: 10.54371/jiip.v6i1.1398.
E. Novianti, P. Yuanita, and M. Maimunah, (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal of Education and Learning Mathematics Research, vol. 1, no. 1, pp. 65–73, 2020, doi: 10.37303/jelmar.v1i1.12.
G. A. Nengsih and H. Pujiastuti, (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), vol. 6, no. 2, p. 293. doi: 10.30998/jkpm.v6i2.9941.
T. Yuwono, M. Supanggih, and R. D. Ferdiani, (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, vol. 1, no. 2, pp. 137–144. doi: 10.21274/jtm.2018.1.2.137-144.
R. A. Parulian, D. R. Munandar, and R. M. Ruli, (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Sesiomadika, pp. 345–354, 2019, [Online]. Available: http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
I. Mangunsong, (2022). Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Strategi Pemecahan Masalah dari Polya. Jurnal Kewarganegaraan, vol. 6, no. 3, pp. 5150–5155.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.5969
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.