Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMA Negeri 1 Parmaksian Yang Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa SMA Negeri 1 Parmaksian yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, kendala yang dihadapi dan solusi yang sudah dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain paralel konvergen, mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif secara simultan. Data dianalisis secara terpisah dan dibandingkan untuk melihat apakah temuan saling mengkonfirmasi. Pendekatan yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang mengukur kemampuan literasi numerasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan literasi numerasi siswa yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka hanya mencapai 36,52%. Angka ini menunjukkan tingkat pemahaman dan keterampilan literasi numerasi siswa masih jauh dari harapan. Analisis mendalam mengungkapkan bahwa kendala yang dihadapi siswa meliputi interpretasi informasi, yaitu kesulitan memahami dan menganalisis informasi dalam berbagai bentuk; integrasi informasi, yaitu kesulitan menggabungkan informasi dari berbagai sumber; pemecahan masalah, yaitu tantangan dalam menggunakan strategi yang efektif untuk menyelesaikan masalah; dan penghubungan representasi matematis, yaitu kesulitan mengaitkan berbagai representasi matematis seperti grafik dan persamaan. Kendala yang dihadapi meliputi: (1) belum pulihnya learning loss sebagai dampak dari COVID-19, (2) ketidaksiapan guru dan sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, (3) dampak kecenderungan penggunaan gadget yang mengganggu konsentrasi siswa, (4) kurangnya peran orang tua dalam mendukung proses belajar. Solusi yang dilakukan oleh sekolah dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi lewat pengimplementasian kurikulum merdeka meliputi: (1) Mengadakan les tambahan gratis, (2) Melaksanakan kegiatan rutin pagi "Rabu Literasi dan Numerasi", dan (3) Meningkatkan komunikasi antara guru dengan orang tua siswa lewat pameran karya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.6019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.