pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran matematika berupa permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Salah satu permasalah pendidikan adalah minimnya media sarana dan prasarana, sehingga guru dituntuk kreatif dalam meningkatkan kulalitas pembelajaran dikelas, seperti mengembangkan media pembelajaran dikelas salah satu nya di Mata pelajaran Matematika. Mata Pelajaran matematika sendiri merupakan momok bagi siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dikarenakan materinya yang sulit. Akibatnya, prestasi belajar Matematika siswa rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Rendahnya prestasi belajar siswa merupakan salah satu penyebab dari kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar numerik mereka dan memberikan kemudahan siswa dalam mempelajari numerasi melalui penggunaan media pembelajaran ular tangga
Full Text:
PDFReferences
Ardini, Pupung P., Lestariningrum, A. (2018). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini (Sebuah Kajian Teori Dan Praktik). Nganjuk: Adjie Media Nusantara
Atmoko, S., Widhi, F., Ikha, L. (2017). Pengembangan Media Utama (Ular Tangga Matematika ) Dalam Pemecahan‖ 4: 119–28.
Kustandi, C., Daddy, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik Di Sekolah Dan Masyarakat. Jakarta: Kencana
Prihatini, VA., Mursid. (2022). Implementasi Permainan Ular Tangga Raksasa Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini.‖ Journal of Early Childhood and Character Education 2, no. 1 (February 28, 2022): 61– 82.
Rizal, A., Kuswari, H., (2017). Pengembangan Game Edukasi Matematika Dengan Pendekatan Guided Discovery Untuk Siswa Smp Kelas Viii.‖ Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 3 (2017): 1–8.
Sundayana, R. (2014). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.‖ Jurnal Komunikasi Pendidikan 2, no. 2 (2018): 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Ambarwati, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Ketrampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya 06, no. 04
Ferryka, Z.P. (2017). Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar,” Jurnal Magistra Vol 29 No 100
Nabillah, T., Agung, P.A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Journal homepage
Paud, PP. (2017). Petunjuk Permainan Ular Tangga. PP-Paud Dikmas: Jawa Barat
Satrinawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.6036
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.