Analisis Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Self Confidence
Abstract
References
Aisy, A. R., & Dori, L. H. (2023). Kemampuan berpikir komputasi matematis siswa SMP pada materi Pola Bilangan. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 348–360. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm.
Widiyawati, S., Utari, F. D., Aprinastuti, C., & Setyaningsih, T. W. (2022). Pembelajaran matematika berbasis computational thingking pada materi bangun ruang. Jurnal Pena Edukasi, 9(2), 77. https://doi.org/10.54314/jpe.v9i2.1228
Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah soal cerita. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, (2017), 769–775.
Basir, M. A., & Maharani, H. R. (2018). Cognitive load in working memory on trigonometry learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(2), 85–89. https://doi.org/10.15294/ujme.
Mboeik, V. (2023). Literasi matematika siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan, 3(1), 781–788. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i1.1421
Ahsan, M. G. K., Cahyono, A. N., & Prabowo, A. (2021). Desain web-apps-based student worksheet dengan pendekatan computational thinking pada pembelajaran matematika di masa pandemi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4(2021), 344–352. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma
Lee, T. Y., Mauriello, M. L., Ahn, J., & Bederson, B. (2014). CTArcade: Computational thinking with games in school age children. International Journal of Child-Computer Interaction, 2012–2014. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2024.100670
Jamna, N. D., Hamid, H., & Bakar, M. T. (2022). Analisis kemampuan berpikir komputasi matematis siswa SMP pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(3). https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5149
Masruroh, A. A., Faturohman, Y., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2019). Analisis self confidence siswa kelas X Ht 3 SMK Sangkuriang 2 dalam pembelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 379. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p379-384
Danindra, Sekar, L., & Masriyah. (2020). Proses berpikir komputasi siswa SMP dalam memecahkan masalah pola bilangan ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. MATHEdunesa, 9(1), 95–103. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p95-103
Sari, I. A., Rasiman, R., & Utami, R. E. (2022). Profil kemampuan siswa SMP dalam memecahkan masalah persamaan linear menurut Polya ditinjau dari self confidence siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 43–50. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i1.8619
Irhamna, I., Amry, Z., & Syahputra, H. (2020). Contribution of mathematical anxiety, learning motivation and self-confidence to Student’s Mathematical Problem Solving. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 1759–1772. https://doi.org/10.33258/birle.v3i4.1343
Prisila, I. P., Hernawati, D., & Ali, M. (2021). Korelasi kemampuan berpikir reflektif terhadap selfconfidence. Jurnal Metaedukasi, 3(1), 1–8.
Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of elearning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 60–78. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.1191
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.6100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:


JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.















