Menggunakan Media Uang Mainan dalam Mengenalkan Literasi dan Numerasi Keuangan pada Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya pemahaman siswa PAUD tentang nilai tukar uang dan masalah yang berkaitan dengan uang, tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan media uang mainan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam mengenal literasi keuangan di kelas kelompok B Alkhawarizmi TK IT At Taqwim Kotapinang. Literasi keuangan merupakan kajian keterampilan hidup penting yang harus dikenalkan dan diterapkan sejak usia dini. Selain mengenalkan literasi keuangan, penggunaan uang mainan juga dapat melihat bagaimana konsep-konsep dalam matematika diperkenalkan dan ditingkatkan, mengenalkan nominal angka yang tertera pada uang dan menghitung jumlah nominal uang adalah beberapa cara yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep uang pada anak usia dini, Anak akan memahami konsep melalui pengalaman bermain dengan benda kongkret dalam hal ini yaitu media uang mainan.
References
Astari, Tiara, and Nunuk Chozin. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Matematika Melalui Media Saku Pintar Anak Usia 4-5 Tahun.” Semnasfip, 1–14.
Fajri, Z., Baharun, H., Muali, C., Shofiatun, Farida, L., & Wahyuningtiyas, Y. (2021). Student’s Learning Motivation and Interest; the Effectiveness of Online Learning during COVID-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1899/1/012178
Lexy J. Moleong. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru . Jakarta:Referensi (Gaung Persada Press Group).
Oktavia rini, Nourma & Novialita Angga Wiratama. 2019. Implementasi Media Uang Mainan Melalui Penerapan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III MI Modern Mutiara Iman Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen Vol. 3 Tahun 2019|Hal 739-744
Putra, N. P. S. W., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas II Pada Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Se-Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5817
Sari, Tantri Ratna, dkk. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Role Playing Dengan Berbantuan Media Uang Mainan Pada Siswa Kelas 2 SDN Karangasri 1 Ngawi. Journal of Teacher Professional Volume 3, Nomor 3 November 2021
Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta : PT Grasindo
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.6343
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:
JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.