PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS IV SD

Nely oktaviani awwaliyah, Wulan Sutriyani

Abstract


Pelajaran matematika adalah pelajaran yang fokus dalam meningkatkan respon siswa dalam memecahkan masalah dalam kegiatan nyata dikehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SD Negeri 3 Krapyak pada materi luas dan keliling bangun datar menjadi materi yang sulit dipahami. Masalah utamanya adalah belum diterapkannya model pembelajaran dan belum diterapkannya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media tangram pada materi luas dan keliling bangun datar terhadap pemahaman konsep matematis siswa SD Negeri 3 Krapyak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimen dengan one grup pre-test post-test yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Krapyak dengan sampel anak kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Uji instrumen penelitian, pelaksanaan pretest dan posttest, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dilakukan dengan prosedur yang sesuai sehingga data penilian akurat. Diperoleh hasil penelitian adanya pengaruh terhadap pembelajaran siswa setelah diterapkan model pembelajaran problrm based learning berbantuan media tangram dengan meningkatnya pemahaman konsep matematis dari rata-rata  63,58 menjadi 85,25. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media tangram dalam pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar dengn adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Krapyak.


Full Text:

PDF

References


Hani, A., Ermiana, I., & Fauzi, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 6(2). http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________

Hartiningsih, S. D. S., Abda’u, M. J., Sutriyani, W., & Budi, E. S. (2022). Peran Model RME Berbantuan Media LINCAH Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas III SDN 1 Pekalongan. Tunas Nusantara, 4(2), 511–523. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3543

I.G.A. Pidrawan, I.W. Rasna, & I.B. Putrayasa. (2022). Analisis Strategi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Yang Diampu Oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia Di Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 75–86. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.973

Indiati, P., Puspitasari, W. D., & Budi Febriyanto. (2021). Pentingnya Media Tangram Terhadap Kemampuan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(2), 290–294.

Iskandar, R. S. F., Hastuti, D., & Kurniati, S. (2019). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND (MHM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 9(1), 53. https://doi.org/10.12928/admathedu.v9i1.14385

Jannah, R., Darmiany, D., & Nurmawanti, I. (2024). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis experiential learning terhadap kemampuan numerasi siswa kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119–127.

Juliansyah, N., Herlinda, & Theodora, B. D. (2021). Perancangan Aplikasi Edukasi Menghitung Luas Dan Keliling Bangun Datar Berbasis Android. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(1), 397–403. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/4927/835

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). Hubungan Antara Validitas Item Dengan Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda Pas. Natural Science Education Research, 4(3), 249–257. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8682

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Sabila, D., & Widiyono, A. (2024). Pengaruh Pendekatan Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(2), 223–236. https://doi.org/10.37680/basica.v3i2.4293

Simanjuntak, P. A., Simamora, R., & Tambunan, L. O. (2024). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 7 Pematang Siantar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(1), 5259–5342.

Simatupang, W. P. S., & Ritonga, F. U. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di UPT SDN 067952. Mitra Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 9–12. https://jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/MABDIMAS/article/view/1024

Widyasari, N., Dahlan, J. A., & Dewanto, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 28. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.28-39




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.