PENGARUH MODEL CTL BERBANTUAN MEDIA UANG MAINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SD

Firma Silvia, Wulan Sutriyani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemahaman konsep matematika siswa SD Negeri 7 Kecapi setelah diterapkan model pembelajaran Contectual Teaching and Learning berbantuan uang mainan pada materi nilai dan kesetaraan mata uang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimental dengan menggunakan design one-group pretest-posttest yang dilaksanakan di SDN 7 Kecapi dengan sampel anak kelas II yang berjumlah 11 siswa. Uji Instrumen penelitian, uji perasyarat normalitas lineritas, uji hipotesis, dan pelaksanaan pre-test dan post test dilakukan dengan prosedur yang sesuai sehingga data penelitian ini dapat akurat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan progam SPSS 20 dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil pengelolaan data dan pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menujukkan bahawa nilai sig <0,05 (0,000 <0,05) maka HO ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest.  engan demikian, hasil penelitian ini merekomendasikan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi nilai dan kesetaraan mata uang untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa Sekolah Dasar.


References


Patriani, P. N., Rustika, P., & Hidayat, R. (2024). Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika (2019-2024). ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 75–82. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i1.12864

[6] Kase, S. K., Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2024). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pembelajaran Model Rme. Satya Widya, 39(2), 118–125. https://doi.org/10.24246/j.sw.2023.v39.i2.p118-125

Kinanti, S. D., Nurmalia, L., Roro, M., & Wahyu, D. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran CTL dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas 3 MIS Al- Hidayah. 2015.

[12] Syari, D. D. N., Zumrotun, E., & Sutriyani, W. (2024). Pengaruh Penerapan Model Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Berbantuan Media Pakapin terhadap Pemahaman Konsep Matematika SD. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 396–406. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.704

Haerunnisa, D., & Imami, A. I. (2022). Jurnal Didactical Mathematics. Jurnal Didactical Mathematics, 4(April), 23–30.

U. Hasanah, N. Fajrie, & D. Kurniati. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Melalui Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan Ular Tangga. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 321–330. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2441

Maysaroh, S., Luliani, E., & Wulandari, A. (2021). Hubungan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Hasil Belajar Kimia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 214–221. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1138

Ningrum, D. P., Safitri, V. Y., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Model TGT Berbantuan Media Clock Set Terhadap Pemahaman Konsep Matematika SD. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 62–74. https://doi.org/10.56916/jp.v2i2.419

Rahmi Fitria, Zulhendri, Z., & Kasman Ediputra. (2024). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(1), 99–107. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1478

Hany, A. N., & Wiryanto. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Ctl Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Nilai Tukar Uang Di Sekolah Dasar. Jpgsd, 11(8), 1636–1646.

Sari, S. I., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i1.13295




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.