PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model discovery learning berbantuan media video animasi interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematika peserta didik sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 34 dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel yaitu kelas IV 1 dan IV 2, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model discovery learning berbantuan media video animasi interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematika peserta didik sekolah dasar yang ditunjukkan dengan perolehan nilai Fhitung (17,56)> Ftabel (4,49).
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VD). PT Renika Cipta. Jakarta.
Dea, Wi. A., & Rahmawati, T. D. 2021. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 141–148.
Destini, F., Khairani, F., Surahman, M., & Utaminingtias, I. W. 2024. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu E-Lkpd Interaktif Microsoft Sway Terhadap Peningkatan Hots Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa 10(April), 445–456.
Khairina, A. D., Budyartati, S., & Samsiyah, N. 2022. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Tema 5 Muatan IPA Kelas V SD 02 Mojorejo Kota Madiun. Proseding Konfersi Ilmiah Dasar, 3, 363–370.
Khusna, S., Khasanah, I., Musa, M. M., & Rini, J. 2023. Kurikulum Merdeka Belajar melalui Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Kompetensi 4C Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Semai 2: Seminar Nasional PGMI, 1(1), 22–34.
Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, N., & Nasution, A. F. 2023. Pengembangan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Dalam Pendidikan. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(5), 691–695.
Musdalifah, K., & Kusumawardani, S. 2023. Application of Discovery Learning Method to Improve Creative Thinking Ability of Grade V Students in Natural Science Subjects. Junal Pendidikan Sekolah Dasar, 15–22.
Nurhalisah, Andi Paida, & Rahmatiah, R. 2022. Implementasi Pembelajaran Critical, Communication, Collaboration And Creativity (4c) oleh Guru Bahasa Indonesia di SMPN 10 Barru. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 170–178.
Pratiwi, N. I., & Kasriman, K. 2022. Pengembangan Media Video Animasi Interaktif pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Jurnal Basicedu, 6(4), 7257–7264.
Rahmayani, A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. 04, 59–62.
Rohman, F., Lusiyana, A., & Rohim, S. 2018. Peran Bimbingan Konseling Berbasis Tiga Pilar (Guru, Orang Tua, dan Lingkungan Masyarakat) dalam Pembentukan Akhlakhul Karimah Siswa di MA Nurul Huda Kabupaten OKU Timur. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 69-77.
Rohman, F., & Lusiyana, A. 2017. Pengembangan Modul Praktikum Mandiri Sebagai Asesmen Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Sosial Mahasiswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 47-56.
Rohman, F., Nurlaili, L., dan Firdaus, T., 2022. Mengembangkan Alat Eksperimen Tumbukan Berbasis Induksi Magnet Dengan Audacity. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 3(1), 21-27.
Rohman, F., Putri, I. Y., Pramudiyanti, P., Pratiwi, W. O., Armansyah, A., dan Ariani, D. 2023. PBL-Based Student Worksheet to Improve Critical Thinking Ability in Science Learning in Elementary Schools. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 6(1), 109-124.
Sowiyah, Tanod, M. J., dan Suntoro, I. 2015. Manajemen Sumber Daya Pendidik dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 2.
Wahyuningsih, N., Martaningsih, S. T., & Supriyanto, A. 2021. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Tlogodepok. Prosiding Seminar Nasional, 889–910.
Zunaida, D. A. 2022. Media Pembelajaran Video Animasi Interaktif Pada Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 833–842.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:

JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.