PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTER UNTUK MENGKLASIFIKASI PEMBAYARAN SPP SISWA (Studi Kasus SMK Diponegoro 2 Rawalo Tahun 2022-2023)
Abstract
SMK Diponegoro 2 Rawalo merupakan sekolah menengah kejuruan swasta yang berada di Kabupaten Banyumas. Berkembangnya sekolah swasta sangat dipengaruhi oleh pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). SPP yang dibebankan kepada siswa memiliki tujuan untuk membantu sekolah dalam memperlancar proses belajar mengajar. Karena tanpa adanya biaya pendidikan operasional, sekolah tidak akan berjalan dengan lancar. Hanya saja keterlambatan pembayaran masih sering dialami terutama oleh sekolah swasta. Seperti yang terjadi pada SMK Diponegoro 2 Rawalo, pembayaran uang SPP siswa sering kali terjadi penunggakan pada beberapa siswa yang terjadi karena banyak faktor. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengclusterkan pembayaran SPP siswa menggunakan metode K – Means. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi dengan melakukan identifikasi permasalahan, metode wawancara, dan study literatur. Penelitian ini menggunakan K-means clustering untuk mengklasifikasi pembayaran SPP siswa kelas X berdasarkan penghasilan orang tua dan jumlah tanggungan dalam keluarga. Dalam proses perhitungan untuk pengklasifikasiannya menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian dari data 118 siswa kelas X diperoleh sebanyak 64 siswa masuk dalam kelompok tepat waktu membayar dan sebanyak 54 siswa masuk dalam kelompok terlambat membayar. Dari hasil klasifikasi pembayaran SPP, diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam membuat keputusan terhadap program-program yang berkaitan dengan administrasi sekolah. Dengan adanya penelitian ini, sekolah menjadi lebih dapat memberikan kebijakan pada orang tua murid lebih tepat sasaran lagi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Daftar Pustaka
Amalia, S., Yasnita, Z., & Rahmayani, M. T. I. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pencatatan dan Pemberitahuan Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada SMP Swasta Muhammadiyah Plus Bengkalis. JUTIN: Jurnal Teknologi Industri Terintegrasi, 6(3), 847–861.
Apriyani, A., Safidah, N., & Awilisni, S. (2022). Sumber Dana Pendidikan berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia. Unisan, 1(3), 277–287.
Ashari, I. ., Negara, I. S. M., & Sumantri, R. B. B. (2022a). Evaluasi Pembayaran Keuangan Siswa berdasarkan Penghasilan Wali Siswa menggunakan Metode Clustering K-Means. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(2), 324–333.
Ashari, I. A., Negara, I. S. M., & Sumantri, R. B. B. (2022b). Evaluasi Pembayaran Keuangan Siswa berdasarkan Penghasilan Wali Siswa menggunakan Metode Clustering K-Means. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 6(2), 324–333. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i2.6395
Asmana, A., Arie Wijaya, Y., & Martanto, M. (2022). Clustering Data Calon Siswa Baru Menggunakan Metode K-Means Di Sekolah Menengah Kejuruan Wahidin Kota Cirebon. JATI: Jurnal Mahas, 6(2), 552–559.
Darmi, Y. D., & Setiawan, A. (2017). Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk. Jurnal Media Infotama, 12(2), 148–157.
Hartanti, N. T. (2020). Metode Elbow dan K-Means Guna Mengukur Kesiapan Siswa SMK Dalam Ujian Nasional. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informatika, 6(2), 82–29.
Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam dalam Undang-Undang dalam Sisdiknas 2003. Appl. Microbiol. Biotechnol, 85(1), 2071–2079.
Missa, D., Achmadi, S., & Mahmudi, A. (2021). Penerapan Metode Clustering Dengan Algoritma K-Means Pada Pengelompokan Data Penghasilan Orang Tua Siswa. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 5(1), 125–133. https://doi.org/10.36040/jati.v5i1.3275
Muqorobin, M., Kusrini, K., & Luthfi, E. T. (2019). Optimasi Metode Naive Bayes Dengan Feature Selection Information Gain Untuk Prediksi Keterlambatan Pembayaran Spp Sekolah. J. Ilm SINUS, 17(1), 1.
Prabowo, C., Hakim, L., Rohmat, C., & Rinaldi, A. (2021). Teknik Klasifikasi Pembayaran SPP Berdasarkan Tingkat Ketepatan Pembayaran. Jurnal Data Science & Informatika, 1(1), 1–5.
Rahmah, S. A., & Antares, J. (2022). Klasterisasi Seleksi Mahasiswa Calon Penerima Beasiswa Yayasan Menggunakan K-Means Clustering. Jurnal Informatika, 13(2), 25.
Suprawoto, T. (2016). Klasifikasi Data Mahasiswa Menggunakan Metode K-Means Untuk Menunjang Pemilihan Strategi Pemasaran. JIKO: Jurnal Informasi Dan Komputer, 1(1), 12–18.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:

JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.