ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI KELENGKAPAN BILANGAN REAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN NEWMAN

Aini Wardana, Shepia Angraini, Imelda Putri, Ruth Sahanaya Manik, Michael Christian Simanullang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa pendidikan matematika di Universitas Negeri Medan dalam menyelesaikan soal terkait sifat kelengkapan bilangan real dengan menggunakan Analisis Kesalahan Newman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tiga orang mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Analisis Real sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan lima jenis kesalahan, yaitu: kesalahan membaca, kesalahan pemahaman, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan pengkodean. Kesalahan pemahaman dan transformasi merupakan jenis kesalahan yang paling sering terjadi. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami makna soal, membedakan antara supremum dan maksimum, serta menerapkan aksioma kelengkapan dengan tepat. Perbaikan ini terutama disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dan kelancaran prosedur terkait sifat-sifat bilangan real. Penelitian ini merekomendasikan agar dosen lebih menekankan pada kejelasan konsep dan strategi pemecahan masalah yang terstruktur dalam pengajaran Analisis Real guna mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh siswa.


References


Kristayulita, K., 2020. Pengembangan bahan ajar mata kuliah Analisis Real untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(2), pp.66–80. https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss2year2020page66-80.

Qomariyah, S. and Rosyidah, U., 2022. Kesulitan belajar mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah Analisis Real. Educatio, 8(2), pp.396–400. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1865.

Takaendengan, B.R., Anwar, A., Takaendengan, W. and Kobandaha, P.E., 2022. Identifikasi kesalahan jawaban mahasiswa pada mata kuliah Analisis Real berdasarkan Newman’s Error Analysis. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 10(2), pp.235–243. https://doi.org/10.34312/euler.v10i2.16777.

Septiati, E., 2021. Kemampuan mahasiswa dalam mengkonstruksi bukti matematis pada mata kuliah Analisis Real. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), pp.64–72. https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.6761.

Hidayah, A., Winanti, F., Purba, M.A., Saputra, R. and Novita, 2024. Penggunaan Python dalam menyelesaikan permasalahan supremum dan infimum suatu himpunan. Pentagon – Jurnal Pendidikan Ilmu Komputer, 2(4), pp.13–24. https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i4.267.

Sari, C.K., Machromah, I.U. and Purnomo, M.E.R., 2019. Finding and proving supremum and infimum: students’ misconceptions. Journal of Physics: Conference Series, 1180(1), p.012007. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1180/1/012007.

Sucipto, L. and Mauliddin, M., 2016. Analisis kesulitan belajar mahasiswa dalam memahami konsep bilangan real. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), pp.197–211. https://doi.org/10.20414/BETAJTM.V9I2.37.

Mutaqin, A., Syamsuri, S. and Hendrayana, A., 2022. Analisis kesulitan mahasiswa dalam pembuktian matematis pada mata kuliah Analisis Real. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 4(1), pp.1–11. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v4i1.15907.

Kertiyani, N.M.I. and Sarjana, K., 2022. Analisis kesulitan mahasiswa dalam mata kuliah Analisis Riil dengan sistem hibrid. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), pp.117–122. Available at: https://jurnalfkipuntad.com/index.php/jax/article/download/2152/1558/6271.

Takaendengan, B.R., Takaendengan, W., Anwar, A. and Ekawaty, P., 2024. Systematic literature review: jenis kesalahan mahasiswa atau peserta didik pada pembuktian matematis. Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(3), pp.9–18. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.776.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.