ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA TERHADAP MATERI DERET TAK HINGGA PADA ANALISIS REAL

Joel Shintong Naibaho, Rival Ananda Gisty, Sutan Ismail Akbar Rafsanjani Lubis, Vico Putra Sidauruk, Michael Christian Simanullang

Abstract


Pemahaman konsep deret tak hingga merupakan salah satu tantangan utama dalam pembelajaran Analisis Real. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal deret tak hingga berdasarkan indikator Kastolan, yang mencakup kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek lima mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui lima soal uraian yang dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 18 kesalahan, kesalahan prosedural paling dominan (44,44%), diikuti kesalahan konseptual (33,33%) dan teknik (22,22%). Temuan ini mengindikasikan perlunya penekanan pada penguatan pemahaman prosedural dan penalaran logis dalam pembelajaran matematika tingkat lanjut.


Full Text:

PDF

References


Aslalia, A., & Sistiawati, R. I. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Hasil Belajar. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 97-102.

Azka, C., & Ruli, R. M. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 8–15.

Hodiyanto, H. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa semester v dalam mengerjakan soal pengantar analisis real. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(1), 33-44.

Khanifah, N. M., & Nusantara, T. (2013). Analisis kesalahan penyelesaian soal prosedural bentuk pangkat bulat dan scaffoldingnya. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(3).

Kristayulita, K. (2020). Pengembangan bahan ajar mata kuliah analisis real untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(2), 66-80.

Nailufar, Z. Y. (2024). Analis Kesulitan Siswa Smp Kelas Viii Dalam Penyelesaian Permasalahan Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan Dan Alternatif Solusinya.

Rahmadani, N. ., Aulia, C. N. ., Laia, L. H., Maigani, M., & Simanullang, M. C. . (2025). Studi Kesulitan Mahasiswa Dalam Mempelajari Deret Tak Hingga : Studi Kasus Di Jurusan Matematika UNIMED. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 6(1), 428-433.

Takaendengan, B. R., Anwar, A., Takaendengan, W., & Kobandaha, P. E. (2022). Identifikasi kesalahan jawaban mahasiswa pada mata kuliah analisis real berdasarkan Newmann’s error analysis. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 10(2), 235-243.

Sari, D. K. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Boolean Berdasarkan Teori Kastolan. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(2), 37-47.

Sari, R. A., & Najwa, W. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 77-83.

Sucipto, L., & Mauliddin, M. (2017). Analisis kesulitan belajar mahasiswa dalam memahami konsep bilangan real. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 197–211.

Ramadhani, A., Hadjar, I., & Murdiana, I. N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII MTs DDI Boyantongo Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan Pecahan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 10(1), 39-46.

Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma menggunakan tahapan kesalahan kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542-550.

Zulmaulida, R., DKK. (2021). Problematika pembelajaran matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.