PENGEMBANGAN ESCAPE GAME DIGITAL BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KESADARAN BUDAYA PESERTA DIDIK
Abstract
Pembelajaran matematika sering kali dianggap abstrak dan kurang kontekstual bagi peserta didik. Salah satu inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis digital yang menarik dan relevan dengan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa escape game digital berbasis budaya lokal guna meningkatkan motivasi belajar dan kesadaran budaya peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah 31 peserta didik SMPN 22 Malang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat dikatakan valid menurut skor validator ahli dan dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan kesadaran budaya peserta didik dengan rata-rata persentase skor N-gain 72% dan 77%.
References
M. Kurniawarsih and I. M. Rusmana, “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Berbasis Budaya,” Lebesgue, vol. 1, no. 1, pp. 39–48, 2020, doi: 10.46306/lb.v1i1.11.
N. Khairani and S. Sukmawarti, “Pengembangan Komik Matematika Berbasis Budaya Tradisional Batak pada Materi Geometri untuk Siswa Sekolah Dasar,” J. Ris. Pendidik. dan Inov. Pembelajaran Mat., vol. 6, no. 1, pp. 78–92, 2022, doi: 10.26740/jrpipm.v6n1.p78-92.
N. Hafiyya and M. S. Hadi, “Implementasi quizizz sebagai media pembelajaran berbasis education game terhadap peningkatan motivasi belajar matematika,” Communnity Dev. J., vol. 4, no. 2, pp. 1646–1652, 2023.
O. Oktafiani and M. Mujazi, “Pengaruh Media Pembelajaran Nearpod Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata pelajaran Matematika,” JPGI (Jurnal Penelit. Guru Indones., vol. 7, no. 1, p. 124, 2022, doi: 10.29210/022033jpgi0005.
L. Darojat, “Peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen team game tournament,” J. Inov. Pembelajaran Mat. PowerMathEdu, vol. 3, no. 2, pp. 263–270, 2024, doi: 10.31980/pme.v3i2.1782.
M. A. Nisa and R. Susanto, “Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar,” JPGI (Jurnal Penelit. Guru Indones., vol. 7, no. 1, p. 140, 2022, doi: 10.29210/022035jpgi0005.
N. P. Nabilah and A. Warmi, “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Games terhadap Motivasi Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 2 Jalancagak,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Nusant., vol. 4, no. 2, pp. 1454–1464, 2023.
B. A. Khasanah et al., “Pemanfaatan Media Digital Berbasis Budaya Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 8, no. 2, p. 1558, 2024, doi: 10.31764/jmm.v8i2.21417.
Y. Fitrianingsih, H. Suhendri, and M. M. Astriani, “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Bagi Peserta Didik Kelas VII SMP/MTS Berbasis Budaya,” J. PETIK, vol. 5, no. 2, pp. 36–42, 2019.
S. Hadijah, L. Aulia, and C. Yuniza Eviyanti, “Profil Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Media Pembelajaran Berintegrasi Budaya Aceh,” Numeracy, vol. 7, no. 2, pp. 309–323, 2020, doi: 10.46244/numeracy.v7i2.1256.
S. Guritno and S. N. Huda, “Tinjauan Literatur : Game Edukasi Petualangan Sebagai Media Pembelajaran Matematika,” Automata, vol. 4(2), p. Guritno, S., Huda, S. N. (2023). Tinjauan Litera, 2023.
H. I. Anggraini and S. R. Kusumaningrum, “Pendidikan PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MATEMATIKA BERBASIS HOTS DENGAN METODE DIGITAL GAME BASED LEARNING ( DGBL ),” vol. 2, no. 11, pp. 1885–1896, 2021.
D. Alhafid and H. Silmi, “Analisis virtual reality pada game VR escape room: the last breakout,” Academia.Edu, pp. 1–6, 2019.
D. Wangsa Suryana and S. D. Asri, “Pembuatan Game Puzzle ‘Escape : The Answers’ Untuk Melatih Problem Solving Anak Berbasis Android,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 5, no. 1, pp. 34–43, 2020, doi: 10.36341/rabit.v5i1.779.
R. Selamet, M. Christina, W. Aliman, and V. Fernando, “Pembuatan Game Escape From a Deserted Island Berbasis 3D Menggunakan Unity,” Media Inform., vol. 23, no. 2, pp. 89–102, 2024, doi: 10.37595/mediainfo.v23i2.220.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i1.7570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:

JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.