Efektivitas Penggunaan Media Interaktif PhET Colorado terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Pecahan SD
Abstract
Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 3 Karanggondang tergolong rendah disebabkan oleh fakta yang mana peserta didik belum mencapai hasil yang optimal saat menggunakan media interaktif yang kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk menemukan fakta seberapa efektif media interaktif PhET Colorado dan hasil belajar sebelum atau sesudah menggunakan media PhET Coloradopada mata pelajaran matematika materi pecahan SD belajar terhadap peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada data angka yang dioelh dengan model statistik. Adapun penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dengan menggunakan tipe One Grup Prestest dan Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Karanggondang, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 15 perempuan. Pengumpulan data memakai instrument tes yang berjumlah dua puluh lima soal pilihan ganda. Hasil pretest dan posttelst peserta didik diambil untuk analisa data. Diperoleh nilai rata-rata hasil belajar untuk pretest sejumlah 58,3 kemudian posttest sejumlah 83,04. Dengan nilai df = 27, sig nilai t-hitung>t-tabel (10.202>2.418) artinya ada perbedaan dari hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media Interaktif PhET Colorado. Penelitian diatas dapat disimpulkan bila media interaktif PhET Colorado lebih efektif terhadap hasil belajar sebelum dan sesudah pada mata pelajaran matematika materi pecahan di SD Negeri 3 Karanggondang kelas 5.
Kata kunci: Media Interaktif PhET Colorado, Hasil Belajar, Materi Pecahan
References
Apriliani, Y., Nur Arif, M., Sutriyani, W., & Wakit, A. (2023). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Padi (Papan Diagram) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(3), 172–179. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i3.129
Astuti, W., & Ulia, N. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Kahoot terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. 4(2), 111–119.
Burhan, N., Munir, M. M., & ... (2022). Pengaruh Model Word Square terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 374–380. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4826%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4826/3435
Handhika, D., & Aditia Ismaya, E. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning dan Problem Based Learnng Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 7(4), 1544–1550. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1449
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Kusumadewi, N. L. W., Gunartha, I. W., & Ariawan, P. W. (2022). Pengembangan Media Komik Matematika Digital Untuk Pembelajaran Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 103–116. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.660
Listiyoningrum, W., Roshayanti, F., Widayati, L., & Zuhri, M. S. (2024). Penggunaan Media Interaktif Phet Colorado dalam Pembelajaran Pecahan Kelas IV SDN Tambakrejo 01 Semarang. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 115–123. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1337
Mata, M., Matematika, P., Matematika, D., & Padjadjaran, U. (2020). PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. June. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184
Media, E., Phet, S., Pembelajaran, D., Materi, M., Sd, P., & Iv, K. (2025). Journa l of Professiona l Elementa ry Educa tion. 79–86.
Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Pangesti, F. W., & Mulyati, T. (2022). Efektivitas Media Aplikasi Phet Simulations Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Sd Terkait Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …, 11(229), 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.58609
Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., & Didik, P. (n.d.). A s - S A B I Q U N. 7, 838–850.
Prahesti, S. I., & Fauziah, S. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 505–512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.879
Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115
Priyawati, D. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Konvensional. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tenoyasa, xx(xx), 13–16.
Rahmah, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 102049 Tanjung Beringin Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning. 4(November), 5–9.
Razali, N. H., & Khalid, F. B. (2021). Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Mudah Alih dalam Pembelajaran Matematik bagi Pelajar Sekolah Menengah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 6(6), 73–85. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i6.812
Riantoni, C., Astalini, A., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2), 71. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i2.14202
Sidik, H. M., Nana, N., & Sulistyaningsih, D. (2020). The Effectiveness of the PhET Colorado Simulation on Electrical Measurement Materials and the Application of Direct Current Electricity using the POE2WE Model. Jurnal.Ustjogja.Ac.Id, 7(2), 50–56. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/COMPTON/article/view/9093
Sutriyani, W., & Widyatmoko, H. (2020). Efektivitas Model Pbl Menggunakan Media Lagu Rumus Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(2), 220–230. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1502
WAHYUNI, D. W. I. (2023). Efektivitas Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbantuan Media Papan Pintar Terhadap Hasil Belajar Matematika …. 4, 407–417. http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4985/
Winahyu, F. H., Nulhakim, L., & Rumanta, M. (2024). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berdiferensiasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 661–669. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6351
Zulkifli, A., Gusniati, J., Zulefni, M. S., & Afendi, R. A. (2025). dengan Tutorial uji normalitas dan menggunakan aplikasi SPSS uji homogenitas. 1(2), 55–68.
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.7858
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:


JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.















