Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Bianglala Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

Ulil Hikmah, Wulan Sutriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model teams games tournament (TGT) berbantuan media bianglala matematika terhadap pemahaman konsep materi pecahan di SDN 6 Kalipucang Wetan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap konsep pecahan, yang berpotensi menghambat kelancaran pembelajaran matematika pada jenjang materi selanjutnya. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental melalui pendekatan kuantitatif model one-group pretest-posttest. Semua peserta didik kelas 5 dijadikan populasi penelitian melalui teknik sampling jenuh, sementara data dikumpulkan dari hasil tes pretest dan posttest yang terdiri atas 20 soal pilihan ganda dan telah melalui uji validitas serta reliabilitas. Hasil analisis uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,024, dengan nilai t hitung (2,404) melebihi t tabel (2,056), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah penerapan model TGT. Perbedaan tersebut tercermin dari peningkatan rata-rata skor peserta didik, dari 65 pada pretest menjadi 72 pada posttest. Adapun besaran pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat mencapai 20%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT berbantuan media bianglala matematika berpengaruh terhadap pemahaman konsep materi pecahan. Peneliti berharap temuan model pembelajaran ini dapat menambah wawasan dan inovatif baru untuk di terapkan pada pendidikan lanjutan dengan materi yang berbeda.


References


D. N. S. Putri, F. Islamiah, T. Andini, and A. Marini, “Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar dan Hum., vol. 2, no. 2, pp. 365–376, 2022, doi: 10.53625/jpdsh.v2i2.4290.

S. Azzahra and M. F. Sya, “Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar,” Karimah Tauhid, vol. 2, no. 1, pp. 329–338, 2023, doi: 10.30997/karimahtauhid.v2i1.7943.

T. P.Wibawa, W.Eliyarti, and J.Saputra, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika,” Symmetry (Basel)., vol. 8, pp. 109–118, 2023, doi: 10.23969/symmetry.v8i1.8851.

W. Purwandari, I. Nur Safitri, and M. Mutiara Karimah, “Eksplorasi Hakekat Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah dalam Konteks Kurikulum Merdeka,” Indones. Res. J. Educ., vol. 4, no. 4, pp. 1045–1060, 2024, doi: 10.31004/irje.v4i4.1130.

W. Sutriyani, D. R. R. Nafila, and P. S. Layliya, “Peran Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sdn 2 Tahunan,” J. Prof. Elem. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 128–134, 2022, doi: 10.46306/jpee.v1i2.16.

N. Khasanah and J. P. Purwaningrum, “Meningkatkan Pemahaman Siswa Mengenai Materi Luas Dan Keliling Lingkaran Dengan Penerapan Teori Belajar Jerome Bruner,” J. Pendidik. dan Ilmu Pengetah., vol. 23, no. 2, pp. 128–134, 2023, doi: 10.30651/didaktis.v23i2.6963.

M. A. Fahma and J. P. Purwaningrum, “Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika,” MUST J. Math. Educ. Sci. Technol., vol. 6, no. 1, p. 31, 2021, doi: 10.30651/must.v6i1.6966.

E. Zumrotun, E. Widyastuti, S. Sutama, A. Sutopo, and B. Murtiyasa, “Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 9, no. 2, pp. 1003–1009, 2024, doi: 10.51169/ideguru.v9i2.907.

M. Irfan Saputra, Muhammad Irsyad Al Faiz, and Gusmaneli Gusmaneli, “Pengembangan Keterampilan Sosial dan Akademik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif,” JISPENDIORA J. Ilmu Sos. Pendidik. Dan Hum., vol. 3, no. 2, pp. 62–70, 2024, doi: 10.56910/jispendiora.v3i2.1471.

R. V. Andraeni, A. Supriyatna, and G. Istiningsih, “Pengaruh model problem based learing berbantuan media papan pecahan dan geometri (pari) terhadap pemahaman konsep matematika kelas iv,” Holistika J. Ilm. pgsd, vol. V, no. 1, pp. 34–40, 2021, doi: 10.24853/holistika.5.1.34-40.

D. Andriyani and S. Samiyem, “Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Metode Resitasipada Pelajaran Matematika,” Trihayu J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 8, no. 3, pp. 1435–1441, 2022, doi: 10.30738/trihayu.v8i3.12316.

B. Buhari, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Globlisasi Siswa Kelas IX-U SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Indones., vol. 3, no. 1, pp. 57–68, 2023, doi: 10.53299/jppi.v3i1.290.

I. Kartini, L. R. Pohan, P. A. A. Lubis, and S. M. L. Toruan, “Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 9, no. 1, pp. 256–263, 2023, doi: 10.51169/ideguru.v9i1.819.

H. E. Putri et al., Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. UPI Sumedang Press. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=FmD4DwAAQBAJ

F. Apriani and Sudiansyah, “Dampak Kurangnya Praktik Dalam Pelajaran Matematika: Pentingnya Latihan Terstruktur Bagi Pemahaman Konsep Matematika,” J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 40–49, 2024, doi: 10.46368/kjpm.v4i1.1856.

K. Amri, S. M. Arinjani, and W. Sutriyani, “Analisis Penerapan Model TGT ( Teams , Games And Tournament ) Tehadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar,” Formosa J. Appl. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 47–56, 2022, doi: 10.55927/fjas.v1i1.708.

I. A. Sayfullooh, Desyandri, Irdamurni, and Latifa Nafsi, “Relevansi Teori Konstruktivistik Vygotsky dengan Kurikulum Merdeka: Studi Kepustakaan,” J. Tinta, vol. 5, no. 2, pp. 73–82, 2023, doi: 10.35897/jurnaltinta.v5i2.1011.

M. A. Muzakki, A. R. Putri, and M. N. Al azizi, “Analisis Kebutuhan Penggunaan Popup Book Bilingual Dalam Meningkatkan Literasi Sains Dan Bahasa Inggris SD,” J. Pendidik. Dasar Tunas Nusant., vol. 6, no. 2, pp. 767–777, 2024, doi: 10.34001/jtn.v6i2.7610.

A. A. Alifiani and H. Y. Rizqi, “Efektivitas Pembelajaran Team Games Tournament berbantuan ULTADU terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V,” Janacitta, vol. 8, no. 1, pp. 27–33, 2025, doi: 10.35473/janacitta.v8i1.3828.

S. D. S. Hartiningsih, M. J. Abda’u, W. Sutriyani, and E. S. Budi, “Peran Model RME Berbantuan Media LINCAH Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas III SDN 1 Pekalongan,” Tunas Nusant., vol. 4, no. 2, pp. 511–523, 2022, doi: 10.34001/jtn.v4i2.3543.

S. S. Zakia and A. R. Putri, “Pengembangan media pembelajaran bianglala matematika materi operasi hitung pecahan di sekolah dasar,” J. Elem. Educ., vol. 07, no. 05, pp. 838–846, 2024, doi: 10.22460/collase.v7i5.22036.

S. Nurulhuda and D. A. Marhayani, “Penerapan Model Pembelajaran TGT Berbantuan Wordwall terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa,” J. Kaji. Pendidik. Mat., vol. 2682, no. 1, pp. 37–46, 2024, doi: 10.30998/jkpm.v10i1.24937.

B. A. Rahayu, E. Suryani, U. N. Waluyo, and J. Tengah, “Pengaruh Model Teams Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Ular Tangga untuk Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran IPA Kelas 4 SD Negeri Bakalrejo 01,” J. Penelit. dalam Bid. Pendidik. dan pengajaran, vol. 16, no. 1, pp. 14–20, 2022, doi: 10.26877/mpp.v16i1.12038.

S. Bariah et al., Buku Ajar Konsep Dasar Penelitian. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=zt8KEQAAQBAJ

Y. Utami and P. M. Rasmanna, “Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen,” SAINTEK(Jurnal Sains dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 21–24, 2023, doi: 10.55338/saintek.v4i2.730.

A. Rozak and W. S. Hidayati, Pengolahan data dengan SPSS. Yogyakarta: Erhaka Utama, 2019.

F. O. L. Lontoh, METODOLOGI PENELITIAN: Dilengkapi dengan Aplikasinya untuk Teologi dan PAK. Stiletto Book, 2025. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=rA9BEQAAQBAJ

H. Sihotang, Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Uki Press, 2023.

N. D. Kamalia and L. V. Putra, “Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Snake Ladder Question terhadap Minat Belajar Siswa SD,” Janacitta, vol. 8, no. 1, pp. 173–181, 2025, doi: 10.35473/janacitta.v8i1.3838.

R. Ramadhani and N. A. S. Bina, Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Kencana, 2021.

D. P. Ningrum, V. Y. Safitri, and W. Sutriyani, “Pengaruh Model TGT Berbantuan Media Clock Set Terhadap Pemahaman Konsep Matematika SD,” J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 62–74, 2023, doi: 10.56916/jp.v2i2.419.

S. Nadia, L. A. Riswari, and F. Fakhriyah, “PENERAPAN MODEL TGT BERBANTUAN MEDIA PADIDAS MATEMATIKA SISWA SD,” INSPIRAMATIKA J. Inov. Pendidik. dan Pembelajran Mat., vol. 11, no. 1, pp. 295–308, 2025, doi: 10.52166/inspiramatika.v11i1.9884.

Y. Safari and Y. Inayah, “Studi Literatur: Efektifitas Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar dalam Imlementasi Kurikulum Merdeka,” POLINOMIAL J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 154–164, 2025, doi: 10.56916/jp.v4i1.1500.

A. Rahman, M. Agus, N. H. Purnomo, and D. B. R. A. P, “The influence of cooperative learning model types of teams games tournaments on students ’ critical thinking ability,” Int. J. Educ. Vocat. Stud., vol. 3, no. 6, pp. 432–437, 2021, doi: 10.29103/ijevs.v3i6.4620.

T. A. Yuwono, “INCREASING LEARNING OUTCOMES OF WATER CYCLE MATERIALS USING THE TEAM GAMES TOURNAMENT MODEL IN CLASS V ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS,” JANACITTA, vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.35473/jnctt.v5i2.1875.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.7997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.