PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE MELALUI GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA UPTD SMP NEGERI 6 GUNUNGSITOLI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di UPTD SMP Negeri 6 Gunungsitoli dan diperoleh hasil bahwa rata-rata kemampuan numerasi matematika siswa masih tergolong rendah dan jumlah buku mata pelajaran matematika yang terbatas di kalangan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website melalui Google Sites untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa pada materi statistika di UPTD SMP Negeri 6 Gunungsitoli. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII dan guru matematika. Instrumen pengumpulan data meliputi angket validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, angket respon siswa dan guru, serta tes kemampuan numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh ahli materi (88% dan 95%), ahli media (96%), dan ahli bahasa (91%). Media juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon siswa pada uji perorangan (93%), uji kelompok kecil (91%), uji lapangan (93%), serta respon guru (93%). Dari segi keefektifan, media mampu meningkatkan kemampuan numerasi siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 76% (kategori efektif) dan nilai rata-rata 79,29 (kategori sedang). Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis website melalui Google Sites valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa. Disarankan agar guru memanfaatkan media ini dalam pembelajaran dan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media serupa untuk materi yang lebih luas.
References
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1148/1029/2299
Syaputra, H., Octaria, D., & Isroqmi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Materi Turunan Fungsi. Jurnal Derivat, 9(2), 123-135. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4072
Ciung, M. V., & Taufiq, I. (2022). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Google Sites pada materi deret aritmatika. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 41-50. https://e-journal.uingusdur.ac.id/circle/article/view/5100
Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439-1448. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2
Alfarisi, Suryaningrum, C. W., & Firdaus, H. P. E. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah TIMSS Ditinjau dari Gender. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 64-78. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/6046/3978
Mariamah, suciyati, & Hendrawan. (2021). Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Tunas: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2), 17-19. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/tunas/article/view/818
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Laporan Hasil Asesmen Nasional.
Islanda, E., & Darmawan, D. (2023). Pengembangan Google Sites sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Teknodik, 27(1), 51-62. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/991
Ilmi, Y. I. N., & Khairunnisa, G. F. (2020). Peranan Media Pembelajaran Berbasis Android Ditinjau dari Kepribadian Peserta Didik. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 150–157. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.41
Pradana, O. R. Y., Cahyono, H., & Rahmawati, A. D. (2021). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Edmodo Di Mts Darul Hikmah Ngompak Ngrambe Ngawi. Indonesian Journal of Community Engagement (IJCE), 02(01), 8–13. http://jurnal.lptnu-jatim.or.id/index.php/browse/index/273
Huang, R. H. (2020). The Role of Technology in Student Engagement. International Journal of Education and Research. https://ijern.com/
Ubaidi, A., Nabila, R., Raffi, M. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Google Sites Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 943-952. https://www.bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/5749
Sevtia, A.F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 7(3), 1167-1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743
Safitri, R., Rahmawati, A. D., & Sasomo, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Google Sites dengan Pendekatan STEM di SMPN 1 Kasreman Ngawi. Pedagogy, 8(1), 233–249. https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/2504
Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.8053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:


JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.















