PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 SOGAEADU

Vance Gunawan Zebua, Sadiana Lase, Ratna Natalia Mendrofa, Yakin Niat Telaumbanua

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematika siswa yang terlihat dari kesulitan dalam memahami, menafsirkan, dan menerapkan konsep dalam konteks kehidupan nyata. Pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan berpusat pada guru turut memperburuk kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sogaeadu. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group. Kelas VIII-A dijadikan kelas eksperimen dengan pembelajaran Realistic Mathematic Education, sedangkan VIII-B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 9,411 > ttabel = 1,995 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan realistic mathematic education membantu siswa mengembangkan kemampuan literasi matematika yang lebih baik, terutama dalam menghubungkan konsep dengan situasi nyata, menafsirkan informasi, dan menyelesaikan masalah kontekstual. Selain itu, hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pendekatan realistic mathematic education berkontribusi sebesar 58% terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa. Dengan demikian, pendekatan Realistic Mathematic Education efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.


References


Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum prototipe melalui pendekatan integrasi-interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 266-280. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.3560

Rifai, M. H., Mamoh, O., Mauk, V., Nahak, K. E. N., Harpriyanti, H., Nahak, M. M. N., ... & Abbas, I. (2024). Kurikulum Merdeka (Implementasi dan Pengaplikasian). Yogayakarta: Selat Media.

Palupi, A. N., Widiastuti, D. E., Hidhayah, F. N., Utami, F. D. W., & Wana, P. R. (2020). Peningkatan Literasi Di Sekolah Dasar. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Nurlaela, E., & Imami, A. I. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII SMPIT Insan Harapan. Jurnal Ilmiah Didakya, 12(1), 33-38. https://dikdaya.unbari.ac.id/index.php/dikdaya/article/view/270

Ningsi. S. W., Kadir., & Rahmat. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Amal Pendidikan, 3 (1), 75-86. http://dx.doi.org/10.36709/japend.v3i1.25271

Istiqomah. P., Kamid., & Hasibuan. M. H. E. (2021). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2775-2783. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4334

Sasi, A. (2021). Optimization Of Mathematics Learning With Realistc Mathematics Education Approach. Workhsop Penguatan Kompetensi Guru 2021, 4(5), 1412-1417. https://doi.org/10.20961/shes.v4i5.66211

Istiana, M. E., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 423-430. https://www.academia.edu/download/87577499/pdf.pdf

Laia, W., Telaumbanua, Y. N., Mendrofa, N. K., & Mendrofa, R. N. (2025). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 5(1), 51-60. https://doi.org/10.51574/kognitif.v5i1.2237

Amaliya, N. D., & Anas, N. (2024). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Usia Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2037-2048. https://mail.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/752.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.8074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.