ETNOMATEMATIKA MERU DI BALI: REKONSTRUKSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN BERMAKNA

I Gusti Ketut Adnyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji unsur etnomatematika yang terdapat pada bangunan sakral Meru di Pura Batur, serta mengembangkan dan menguji modul ajar etnomatematika berbasis budaya lokal tersebut sebagai sumber belajar matematika yang bermakna bagi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan model studi etnografi dan uji coba pembelajaran (one-shot case study). Tahap kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap undagi, jero mangku, serta masyarakat sekitar untuk mengidentifikasi konsep matematika yang terkandung dalam struktur Meru. Hasil eksplorasi digunakan untuk menyusun modul ajar etnomatematika Meru, kemudian diujicobakan kepada siswa SMP untuk melihat efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bangunan Meru mengandung konsep pola bilangan ganjil, kesebangunan, simetri, dan perbandingan, yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran geometri dan pola bilangan. Uji coba menunjukkan bahwa penggunaan modul ajar etnomatematika Meru dapat meningkatkan antusiasme dan hasil belajar siswa.


References


Ardiyasa, I.N.S. (2018). Peran Mpu Kuturan dalam Membangun Peradaban Bali (Tinjauan Historis, Kritis). Purwadita, 2(1), 23–32.

Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Depdikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek.

Dwijendra, N.K.A. 2020. Meru As A Hindu Sacred Building Architecture With A High Roof And Resistant To Earthquakes In Bali, Indonesia. Civil Engineering and Architecture. 8(3):350–358.

Hartanti, F.D., Hariyani, S. & Fayeldi, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Sigeru Buku Pop-Up Berbasis Etnomatematika Materi Kubus dan Balok. JP2M, 6(1), 31.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Sabrina, R.P., Agustini, F. & Ardiyanto, A. (2021). Keefektifan Metode Fun Learning terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Tema Cuaca Kelas III SD Negeri Palebon 03 Semarang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(4), 722–730.

Santoso, E. & Dwi Kurino, Y. (2021). Systematic Literature Review: Ethnomathematic dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 6(1), 77–84.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumandya, I.W., Candiasa, M. & Suharta, G.P. (2021). Development of a Vocational Based Mathematics E-Module. International Journal of Scientific & Technology Research, 10(6), 303–309.

Sumandya, I.W., Widana, I.W., Suryawan, I.P.P., Handayani, I.G.A. & Mukminin, A. (2023). Analysis of Understanding by Design Concept of Teachers’ Independence and Creativity in Developing Evaluations of Mathematics Learning in Inclusion Schools. Edelweiss Applied Science and Technology, 7(2), 124–135.

Suryawan, I.P.P. & Juniantari, M. 2021a. Undagi Bali Ethnomathematic Study and How to Acquire Its Knowledge. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 536:389.

Suryawan, I.P.P. & Juniantari, Made. 2021b. Kajian Etnomatematika Bangunan Suci Meru Bali Di Kabupaten Bangli dan Upaya Memperoleh Pengetahuannya Sebagai Konten Sumber Belajar Matematika Yang Bermakna, Singaraja.

Sutarto, S., Ahyansyah, A., Mawaddah, S. & Hastuti, I.D. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Kebudayaan Mbojo sebagai Sumber Belajar Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 33–42.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.8225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.