Etnomatematika Bade di Bali: Kontekstualisasi Konsep Geometri Untuk Pembelajaran Matematika Bermakna

Mira Ardanantya

Abstract


Kajian yang mengaitkan matematika dengan kebudayaan dalam usaha pengembangan dan mengeksplorasi pembelajaran matematika dikenal dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur matematika yang terdapat dalam bade sebagai sarana dalam pemakaman jenazah di Bali serta mengintegrasikannya menjadi bahan ajar matematika yang bermakna. Desain penelitian ini merupakan penelitian kualitatif & kuantitatif dengan metode studi etnografi dan metode eksplorasi dalam proses pengumpulan data. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa undagi bade menerapkan konsep entomatematika dalam proses pembuatan bade. Etnomatematika yang didapatkan berkaitan dengan konsep yang ada pada matematika seperti pola bilangan ganjil, kesebangunan, konsep geometri dan perbandingan. Proses undagi mendapatkan pengetahuan dengan belajar meniru pada undagi yang lebih berpengalaman. Berdasarkan hasil dari proses integrasi muatan matematika, etnomatematika dapat membantu melestarikan budaya serta menghasilkan sumber belajar matematika yang bermakna sejalan dengan respon positif yang diberikan oleh siswa dan guru setelah penggunaan media pembelajaran etnomatematika.


References


Abiam, P., Abonyi, O., Ugama, J., Okafor, G., (2016). Effects Of Ethnomathematics-Based Instructional Approach On Primary School Pupils’ Achievement In Geometry, 2nd ED. Ebonyi State University, Nigeria.

Balamurugan, M., (2015). Ethnomathematics; An Approach For Learning Mathematics From Multicultural Perspectives. Int J Modn Res Revs 3, 716–720.

Fauzi, L.M., Hayati, N., Satriawan, R. and Fahrurrozi, F., 2023. Perceptions of geometry and cultural values on traditional woven fabric motifs of the Sasak people. Jurnal Elemen, 9(1), pp.153-167.

Gazali, R.Y., (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), pp.181-190.

Hardiarti, S., (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), pp.99-110.

Julian, Davison. (2014). Balinese Architecture. Tuttle Publishing.

Najib, D.A. and Elhefni, E., 2016. Pengaruh penerapan pembelajaran bermakna (meaningfull learning) pada pembelajaran tematik IPS terpadu terhadap hasil belajar siswa kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 2(1), pp.19-28.

Nuh, Z.M., Dardiri, D., (2017). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah 19, 220–238.

Nur, A.S., Sukestiyarno, Y.L. and Junaedi, I., (2019). Etnomatematika dalam perspektif problematika pembelajaran matematika: Tantangan pada siswa indigenous. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 90-96).

Prijotomo, Josef. (2017). Prijotomo Benahi Arsitektur Nusantara. Departemen Arsitektur ITS, Surabaya.

Sopandi, Setiadi. (2013). Sejarah Arsitektur Sebuah Pengantar. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA. Bandung

Unodiaku, S.S., (2013). Effect Of Ethno-Mathematics Teaching Materials On Students’ Achievement In Mathematics In Enugu State. J. Educ. Pract. 4, 70–77.

Wahyuni, W., (2016). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Pesisir Selatan Kecamatan Puger Kabupaten Jember, 2nd Ed. Ftik Tadris Matematika Iain Jember, Jember.

Wijaya, H., (2018). Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi).

Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.8231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.