PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBATUAN MEDIA EDPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fakta bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah selama pembelajaran matematika, yang mengakibatkan kesulitan bagi mereka untuk menyelesaikan masalah berpikir kritis. Oleh krna itu, solusi diberikan untuk mengukur pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan Edpuzzle terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MAS Yapena Lhokseumawe, serta yang menjadi sampel yaitu siswa kelas XI-B sebagai kelas experiment dan kelas XI-C sebagai kelas control yang dipilih menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Adapun dikarenakan data ini tidak berdistribusi normal, analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney U serta data diolah menggunakan software SPSS versi 25 for windows. Hasil Mann-Whitney U diperoleh nilai asymp sig. Nilai signifikan untuk kelas control adalah 0,132 sesuai kriteria hipotesis uji normalitas yaitu diterima karena nilai Sig (. Sehingga diterima dan ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model discovery learning berbantuan Edpuzzle.
References
Azzura, N., & Sulaiman, S. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Batipuh. Fondatia, 6(3), 649–660. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2036
Jusnidar, J., Mannahali, M., & Achmad, A. K. (2022). Media Edpuzzle dalam Pembelajaran Menyimak Bahasa Jerman. Phonologie : Journal of Language and Literature, https://doi.org/10.26858/phonologie.v2i2.35298
Lestari, &Yudhanegara. (2022). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). Refika Aditama.
Marissa, E. I., Mariani, S., & Agoestanto, A. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Spldv. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 71–90.
Muhammadiyah, U., Bungo, M., & Sinaga, M. (2024). Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Pendidikan E-ISSN: xxxx-xxxx Peran dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Matematika The Role and Challenges of Using AI (Artificial Intelligence) in Mathematics Learning. 1, 2024. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/hm
Ngadha, C., Nanga, B., Ledu, M. G. G., Dhiu, M. I., & Lawe, Y. U. (2023). Penerapan Metode Diskusi Untuk Mengaktifkan Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Sd Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 36–46. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1532
Saadah, N., Sapti, M., Kurniasih, N., & Purworejo, U. M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Edpuzzle Terhadap Hasil MAtematika Siswa SMP. 06(4), 127–140.
Saputra, H. (2020). “ Kemampuan Berfikir Kritis Matematis .” April, 1–7.
Sayangan, Y. V., Una, L. M., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757–766.
Solikhin, M., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pelajaran IPA saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2), 188–192. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suwarno, Z. H., Kristanti, F., & Soemantri, S. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Discovery LearningTerhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir KritisMatematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 153–164.
Ummah, B. I., Utami, Y. T., & Arifandi, M. Z. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Pada Materi SPLDV. As-Sunniyyah, 4(01), 53–64. https://doi.org/10.62097/assunniyyah.v4i01.1882
DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.8253
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Indexed by:


JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.















