ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BARISAN DAN DERET ARITMATIKA BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Theresia Damanik, Fertianus Waruwu, Marthin Marbun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI SMA dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret aritmatika berdasarkan tahapan Newman’s Error Analysis (NEA). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 29 siswa kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Instrumen penelitian berupa tes pemecahan masalah yang terdiri dari empat soal cerita serta dokumentasi jawaban siswa. Data dianalisis melalui lima kategori kesalahan menurut Newman, yaitu kesalahan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan memahami merupakan jenis kesalahan yang paling dominan dengan persentase 65,52%, diikuti kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 19,83%, kesalahan transformasi dan keterampilan proses masing-masing 16,38%, sedangkan kesalahan membaca adalah yang paling rendah dengan 8,62%. Temuan ini mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa belum mampu menafsirkan maksud soal secara tepat sehingga berdampak pada kesalahan lanjutan dalam proses perhitungan dan penulisan jawaban. Oleh karena itu, diperlukan penguatan dalam pemahaman konsep, kemampuan pemodelan matematika, dan keterampilan komunikasi matematis untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika.




Full Text:

PDF

References


Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518.

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51.

Hartini, S. S. 2008. Psikologi pendidikan. BP FKIP UMS: Surakarta.

Idris, N., & Narayanan, L. M. (2011). Error patterns in addition and subtraction of fractions among form two students. Journal of mathematics education, 4(2), 35-54.

Putri, A. M., 2017. Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita matematika Berdasarkan Tahapan Newman Serta Upaya Mengatasinya Menggunakan Scaffolding. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Rahardjo, M. & Waluyati, A., 2011. Pembelajaran Soal Cerita Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Rokhimah, S. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmetika Sosial Kelas VII Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan newman dan scaffolding pada materi aritmatika sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13-24

Yunia, N., & Zanthy, L. S. (.2020). Kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105-116.




DOI: https://doi.org/10.36987/jpms.v11i2.8360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


https://resiprokal.unram.ac.id/pages/idnslot/https://ijeeemi.poltekkesdepkes-sby.ac.id/pages/pulsayuk/https://psdkukediri.polinema.ac.id/jte/mthailand/

JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)


Indexed by:

   

 




















JPMS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA) oleh LPPM Universitas Labuhanbatu disebarluaskan dibawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.